Pesan Dirut Bagi Lulusan Universitas Jember: Jangan Takut Resiko Bekerja, Ada BPJS Ketenagakerjaan

Jember, 27 Agustus 2022

Kondisi perekonomian dunia termasuk Indonesia memang belum sepenuhnya pulih setelah diterpa pandemi Covid-19. Ketika peluang perbaikan muncul seiring dengan meredanya pandemi Covid-19, dunia dikejutkan dengan krisis perang Rusia-Ukraina yang memperburuk kondisi ekonomi global. Fakta ini membuat dunia kerja nasional masih belum menunjukkan kinerja yang baik, bahkan menurut Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo, selama pandemi Covid-19 dua tahun ini sebanyak 17,8 persen perusahaan melakukan PHK. Namun Anggoro Eko Cahyo menegaskan, lulusan perguruan tinggi termasuk dari Universitas Jember tidak perlu ragu mencari kerja sebab jika ada resiko kerja maka akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Penegasan ini disampaikan oleh Dirut BPJS Ketenagakerjaan saat memberikan orasi wisuda dalam upacara wisuda periode I tahun akademik 2022/2023 Universitas Jember di gedung auditorium (27/8). “BPJS Ketenagakerjaan memberikan rasa aman bagi pekerja dengan berbagai programnya, termasuk Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan bagi pekerja yang mengalami PHK. Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan menjadi bukti bahwa negara hadir dalam memberikan jaminan sosial bagi rakyatnya. Oleh karena itu, jika nanti Anda bekerja maka pastikan perusahaan tempat Anda bekerja sudah mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan,” tegas Anggoro Eko Cahyo di hadapan 900 wisudawan Universitas Jember.

Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menyampaikan orasi wisuda

Seusai menyampaikan orasi wisuda, Anggoro Eko Cahyo menyerahkan piagam penghargaan kepada Fakultas Hukum Universitas Jember yang telah menjadi mitra kerjasama BPJS Ketenagaakerjaan terutama dalam menyusun Buku Putih BPJS Ketenagakerjaan. Penghargaan diterima Rektor yang didampingi Dekan Fakultas Hukum. “Penghargaan ini diberikan kepada Fakultas Hukum Universitas Jember yang telah melakukan pengkajian, pelatihan, publikasi dan diseminasi bidang hukum jaminan sosial ketenagakerjaan. Sepanjang usia BPJS Ketenagakerjaan yang tahun ini memasuki usia 46 tahun, baru kali ini memiliki Buku Putih yang menjelaskan kebijakan BPJS Ketenagakerjaan. Sekaligus menjadi bukti kualitas dan kompetensi sivitas akademika Universitas Jember,” tutur Anggoro Eko Cahyo.

Rektor UNEJ menyampaikan pidato wisuda

Sebelumnya, dalam pidato wisudanya, Rektor meminta lulusan Universitas Jember tetap optimis menghadapi dunia kerja. Pasalnya pandemi Covid-19 yang mengubah semua sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan telah memberikan banyak hikmah pelajaran. “Salah satunya adalah hikmah bahwa kita harus selalu siap menghadapi perubahan yang kian kerap terjadi di berbagai bidang. Kedua, harus adaptif karena setiap perubahan menuntut penyesuaian, dan ketiga jadilah pembelajar seumur hidup mengingat ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang. Terakhir, jaga nama baik almamater dimana pun Anda berada dan selalu tersambung melalui Keluarga Alumni Universitas Jember,” pesan Iwan Taruna.   

Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor UNEJ didampingi Dekan FH UNEJ

Tampil sebagai wisudawan dengan predikat cum laude dijenjang doktoral diraih Dr. Achmad Fathor Rosyid, S.Sos., M.Si., wisudawan dari Program Studi Doktor Ilmu Administrasi FISIP yang meraih IPK sempurna alias IPK 4,00 ! Disusul oleh Shohib Furqon Farizi, S.Pd., M.Pd., dari Program Studi Magister Pendidikan IPS FKIP yang lulus dengan IPK 3,98. Shohib Furqon Farizi menjadi yang terbaik di jenjang Magister. Sementara itu lulusan dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Kamil Muhtadi, S.P., menjadi yang terbaik di jenjang sarjana dengan IPK 3,98. Adapun predikat yang terbaik di jenjang diploma dibawa oleh Zakia Dwi Wardhani, A.Md., dari Program Studi Diploma 3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,96.   

Rektor memberikan ucapan selamat kepada peraih predikat cum laude dijenjang doktoral Dr. Achmad Fathor Rosyid, S.Sos., M.Si.,

Berikut data jumlah wisudawan periode I tahun akademik 2022/2023 di setiap fakultas ;

NoFakultasS 3S 2S1S 0Jumlah
1.Hukum75057
2.Ilmu Sosial Ilmu Politik252458
3.Pertanian6161
4.Ekonomi dan Bisnis12212494241
5.Keguruan dan Ilmu Pendidikan5168173
6.Ilmu Budaya2828
7.Teknologi Pertanian6262
8.Kedokteran Gigi5757
9.Matematika & Ilmu pengetahuan Alam3737
10.Kedokteran3333
11.Kesehatan Masyarakat2020
12.Teknik224632
13.Farmasi33
14.Keperawatan2424
15.Ilmu Komputer99
16.Pascasarjana55
 J U M L A H341752104900

(iim)

Skip to content