Rektor : Harus Adaptif dan Kreatif, Agar Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit lebih Kuat

Jember, 18 Agustus 2022
Rektor, Iwan Taruna memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Keluarga besar Universitas Jember (17/8). Dalam sambutannya, Rektor mengajak seluruh keluarga besar Universitas Jember untuk selalu mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan berbagai cara positif dan sesuai dengan profesi serta tugas masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan daya adaptasi serta berupaya kreatif dalam segala bidang.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mengubah semua sendi kehidupan dimana dunia mengalami disrupsi luar biasa termasuk di kehidupan dunia pendidikan tinggi. Namun pandemi Covid-19 juga membawa hikmah dan inovasi dalam banyak hal. Salah satu pelajaran penting dari pandemi Covid-19 adalah kita diajarkan untuk selalu adaptif terhadap semua perubahan serta kreatif mencari solusi dari semua persoalan. Upacara kali ini digelar di lapangan upacara Kampus Tegalboto dan disiarkan secara langsung secara streaming sehingga bisa diikuti dosen, mahasiswa dan karyawan di kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan.

Rektor UNEJ menyerahkan Satya Lencana Karya Satya untuk masa kerja 30 tahun kepada Prof. Dr. Budi Setyono, MA sebagai perwakilan

“Pandemi Covid-19 mengajarkan kepada kita bahwa dengan daya adaptasi dan kreativitas serta persatuan maka semua tantangan bisa kita pecahkan. Oleh karena itu daya adaptasi dan kreativitas ini ke depan harus kita tingkatkan di semua lini agar Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Kita juga patut bersyukur setelah diterjang pandemi Covid-19 selama dua tahun maka tahun ini bisa merayakan HUT Kemerdekaan RI secara tatap muka, begitu pula dengan perkuliahan yang direncanakan mulai tatap muka. Namun tetap jaga kewaspadaan dan ikuti terus protokol kesehatan,” pesan Iwan Taruna.

Dalam upacara ini juga digelar penyerahan Satya Lencana Karya Satya bagi dosen dan karyawan dari Presiden RI yang diberikan secara simbolis oleh Rektor Universitas Jember. Tampil sebagai perwakilan penerima Satya Lencana Karya Satya untuk masa kerja 30 tahun adalah Prof. Dr. Budi Setyono, MA dari FKIP. Sementara Dra. Ratri Yunarti dari Bagian Keuangan Kantor Pusat dan Ns. Tantut Sutanto, PhD., dari Fakultas Keperawatan mewakili penerima Satya Lencana Karya Satya untuk masa kerja 20 tahun dan 10 tahun.

Uniknya, rektor beserta wakil rektor dan seluruh pejabat teras menghadiri upacara dengan mengenakan pakaian daerah. Selepas upacara para dekan beranjak menuju barisan masing-masing fakultas untuk bergabung bersama para mahasiswa baru angkatan 2022 menunjukkan kreativitas dengan berlomba menyuarakan yel-yel khas masing-masing fakultas. (iim)

Skip to content