SPI Berperan Penting Wujudkan Good University Governance

Jember, 20 Desember 2021
Satuan Pengawasan Internal (SPI) menjadi salah satu bagian penting dalam mewujudkan Good University Governance. SPI memiliki peran membantu Rektor dalam memastikan tercapainya misi dan tujuan dari Universitas.
Hal itu disampaikan oleh Iwan Taruna Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan dalam acara In House Training Internal Audit Perguruan Tinggi yang di gelar oleh SPI Universitas Jember di Hotel Ketapang Indah, Banyuwangi, (15-18/12).


“Karena tugas dari SPI ini salah satunya memperbaiki efektifitas proses pengendalian resiko yang kemungkinan akan terjadi di setiap unit kerja yang ada di Universitas Jember khususnya di tingkat fakultas,” ujar Iwan.
Dalam acara yang diikuti oleh 30 orang peserta perwakilan dari 15 fakultas di Universitas Jember ini Iwan mengatakan, selain melakukan evaluasi pada pelaksanaan program kerja Universitas, SPI juga berwenang melalukan kajian terkait kepatuhan pelaksanaan program kerja setiap unit kerja terhadap peraturan Universitas dan perundang-undangan.
“Tugas SPI memastikan seluruh layanan pendidikan yang kita lakukan berjalan dengan baik. SPI jugalah yang akan memfasilitasi kelancaran pelaksanaan audit yang dilakukan oleh para auditor eksternal terkait kesesuaian antara apa yang kita kerjakan dengan peraturan universitas dan perundang-undangan,” jelas Iwan.

Sementara itu Ketua SPI Universitas Jember Ika Barokah mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya SPI membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memperlancar proses audit internal. Pembekalan pelatihan yang dilakukan ini dalam rangka merespon perubahan status Universitas Jember dari yang semula satuan kerja berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU).
“Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dengan adanya perubahan Universitas Jember menjadi BLU. Oleh karena itu SPI membutuhkan tambahan auditor yang berasal dari unit-unit kerja yang ada di Universitas Jember dan ditugaskan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi,” ujar Ika.

Skip to content