Kolaborasi Mahasiswa Teknik Sipil, Teknik Lingkungan Dan Perencanaan Wilayah & Kota Sikat Juara Dalam Kompetisi ICEF2019 di Bogor

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Bogor, 13 Oktober 2019

Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) 2019 merupakan kompetisi nasional bergengsi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) Institut Pertanian Bogor. ICEF 2019 memiliki tiga kategori lomba yaitu Maket Jembatan, Karya Tulis Ilmiah dan Desain Eco-Village yang pesertanya terdiri dari mahasiswa dan siswa dari seluruh Indonesia.

Tema Greet Infrastructure, Greet Environment berhasil membawa mahasiswa Universitas Jember menyikat hampir seluruh kategori lomba yaitu dengan perolehan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 2 Lomba Desain Eco-Village dan penghargaan Poster Terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah. Kolaborasi yang baik antara mahasiswa Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Perencanaan Wilayah & Kota menjadi kekuatan tersendiri bagi Tim Planej Logawa sebagai juara utama dan poster terbaik dalam ajang LKTI ICEF IPB serta Tim Fortune Logawa sebagai juara kedua dalam ajang desain Eco-Village ICEF IPB.

Dalam lomba karya tulis ilmiah, Tim Planej Logawa mempersembahkan karya berjudul “Joglo Coworking Space” yaitu bangunan kokoh ramah lingkungan dengan mengusung konsep yang menunjukkan indentitas rumah adat Jawa. Joglo Coworking Space berfungsi sebagai bangunan sosial yang dapat mengakomodir kebutuhan pemuda milenial yang mengedepankan teknologi serta ramah bagi lingkungan. Inovasi akulturasi desain rumah joglo dengan coworking space yang dipadukan dengan green and smart building dianggap sebagai kunci jawaban paling ideal dalam menjawab berbagai tantangan tersebut.

Sementara itu, desain Eco-Village Tim Fortune Logawa mempersembahkan karya Omega Cycle untuk mengoptimalkan sistem pengelolaan sampah di TPA Pakusari, Jember. Desain tata ulang TPA Pakusari dengan metode Omega Cycle dan pemberdayaan masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan sampah serta inovasi kombinasi terintegrasi dari unit composting, gas methan, sampai air lindi merupakan terobosan dalam pemanfaatan limbah sebagai sumber energi terbarukan.

Indonesian Civil and Environmental Festival 2019 mendorong kompetensi mahasiswa teknik khususnya untuk mengembangkan ide-ide terkait perencanaan pembangunan berkelanjutan. ICEF 2019 membuktikan bahwa mahasiswa Universitas Jember sangat kompeten dan mampu bersaing dengan kampus lain di seluruh Indonesia.(timFT)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content