Internal Auditor Dalam Revolusi Industri 4.0

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 27 Desember 2019
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember gelar kuliah umum di aula lantai III Kantor Pusat Universitas Jember. Acara yang dihadiri oleh 250 peserta ini bekerja sama dengan The Institute of Internal Auditor (IIA) Indonesia dengan mengusung tema “Trusted Advisors: Key Attributes of Outstanding Internal Auditors in Industry Revolution 4.0.” Dalam kuliah umum dikupas secara mendalam mengenai peluang dan tantangan profesi internal auditor di mana peran teknologi menjadi lebih besar.

“Jika dapat beradaptasi dengan teknologi, sebetulnya profesi internal auditor adalah profesi yang tidak akan punah. Karena profesi ini berperan dalam melakukan analitis dan memberikan solusi mendasar (problem solving), yang sesuai dengan masalah yang dihadapi organisasi,” ujar Nur Abdillah Direktur Eksekutif IIA Indonesia (IIA) saat memberikan materi kuliah.
Menurut Abdillah, posisi internal auditor merupakan profesi yang sangat strategis bagi sebuah organisasi. Karena dapat menjadi sebuah early warning system dan analisis resiko yang akan dihadapi oleh suatu organisasi.

“Entah itu organisasi pemerintahan ataupun organisasi swasta pasti membutuhnya yang namanya internal auditor. Karena analisis yang mereka (internal auditor) lakukan dapat memberikan opsi-opsi dalam mitigasi resiko yang akan dihadapi oleh organisasi di masa yang akan datang,” imbuh Abdillah.
Senada dengan Abdillah, Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak penanggung jawab kegiatan juga berkeyakinan, keberadaan internal auditor pada era revolusi industri 4.0 masih dibutuhkan.
“Seorang internal auditor harus tetap berfikir optimis. Karena keberadaan internal auditor dalam sebuah organisasi akan menciptakan pengawasan yang baik dan tepat yang menurut saya sulit jika digantikan mesin. Saya yakin profesi internal auditor tidak akan punah karena terus dibutuhkan,” ujar Maria.

Maria berharap kehadiran Nur Abdillah sebagai salah satu pemateri menjadi trigger agar semangat peserta seminar yang merupakan calon internal auditor tetap bersemangat dalam belajar.
“Bapak Nur Abdillah ini memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta yang hadir tentang peran internal auditor di era revolusi industri 4.0 dalam sebuah organisasi atau instansi. Tentu ini akan menjadi semangat baru bagi para peserta,” pungkas Maria. [.]

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content