UNEJ-Unsoed-Undiksha Jalin Kerjasama Perkuat Kampus Merdeka

Jember, 27 Oktober 2020

Universitas Jember terus mematangkan pelaksanaan program Kampus Merdeka. Seperti yang dilaksanakan pada hari Selasa sore (27/10) saat Universitas Jember menjalin kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekaligus yakni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja. Tujuannya, penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) ini akan menjadi payung hukum yang akan membuka dan memperlancar jalinan kerjasama yang diperlukan dalam menjalankan program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbud RI.

Kesepakatan pertama ditandatangani oleh Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember dengan Prof. Suwarto, Rektor Universitas Jenderal Soedirman. Dalam sambutannya, Prof. Suwarto menyambut baik kerjasama kali ini mengingat dua kampus memiliki banyak kesamaan, diantaranya adalah sama-sama berada di daerah remote area. “Kesamaan ini menjadi modal dalam bekerjasama mengingat kondisi yang dihadapi juga memiliki kesamaan. Salah satu bidang kerjasama yang kami tawarkan adalah pengembangan daerah pedesaan dan kearifan lokal,” jelas Prof. Suwarto.

Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kesepahaman dengan Universitas Pendidikan Ganesha. Kampus yang dipimpin oleh Prof. I Nyoman Jampel, berminat menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jember. “Kami baru membuka Fakultas Kedokteran pada tahun 2018 lalu sehingga menjadi satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan di Indonesia yang memiliki Fakultas Kedokteran. Oleh karena itu kami giat menjalin kerjasama dengan PTN yang Fakultas Kedokterannya sudah mapan,” ungkap Prof. I Nyoman Jampel.

Sementara itu dalam sambutan balasannya, Iwan Taruna menegaskan akan segera menindaklanjuti penandatanganan naskah kesepahaman dengan perjanjian kerjasama di level fakultas dan unit kerja, sehingga implementasi kerjasama segera terwujud. Pasalnya semester depan program Kampus Merdeka akan efektif berjalan. Kegiatan penandatanganan naskah kesepahaman dilakukan secara daring mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III bersama para kepala biro di lingkungan Kampus Tegalboto.

“Saat ini sudah ada 175 mahasiswa dari PTN dan PTS yang ingin mengambil kuliah di Universitas Jember dan sebaliknya ada sekitar 60 mahasiswa Universitas Jember yang akan mengikuti kuliah di PTN lain. Dengan penandatanganan naskah kesepahaman hari ini maka tidak hanya mempermudah program Kampus Merdeka saja, tetapi membuka kesmepatan kerjasama di bidang lain seperti penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkas Iwan Taruna. (iim)

Skip to content