Fakultas Keperawatan Universitas Jember Cetak 155 Ners Baru

Jember, 17 Desember 2020
Fakultas Keperawatan Universitas Jember gelar acara Angkat Sumpah dan Pelantikan Ners Periode III Tahun 2020. Sebanyak 155 Ners dilantik dan diangkat sumpah secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan), (15/12). Mereka merupakan Ners baru lulusan Program Profesi Ners Universitas Jember angkatan ke 24.
Walaupun disumpah dan dilantik secara daring, tahapan wajib yang harus dikuti oleh setiap Ners baru ini tetap berlangsung dengan khidmat. Jalannya kegiatan penyumpahan dan pelantikan ini juga disiarkan secara live di akun youtube Universitas Jember.


“Alhamdulillah sampai saat ini Fakultas Keperawatan Universitas Jember telah meluluskan sebanyak 788 orang Ners. Kini mereka telah mengabdi dan bekerja di tempat masing-masing mulai dari yang membuka praktek mandiri ataupun bekerja di Rumah Sakit setempat,” ujar Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Lantin Sulistyorini.
Menurut Lantin, Ners lulusan angkatan 24 ini benar-benar menghadapi masa-masa sulit dalam menempuh pendidikan profesi. Pasalnya, proses praktek asuhan yang mereka lakukan harus berhadapan dengan pandemi Covid-19.
“Angkatan ini benar-benar angkatan yang perjuangannya dua kali lipat dengan sebelumnya. Karena mahasiswa mulai praktek pada bulan Maret 2020 bersamaan dengan pandemi Covid 19. Tentu kami khawatir mereka bisa tertular juga karena potensi penularannya sangat tinggi,” jelas Lantin.

Lebih jauh Lantin mengatakan, untuk pertimbangan keselamatan, akhirnya seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan profesi Ners terpaksa ditarik dari tempat praktek.
“Sementara waktu itu kami tarik semua. Hingga akhirnya kami menyusun mekanisme praktek yang aman. Tidak cukup itu saja, kami juga mewajibkan mahasiswa menggunakan APD lengkap yang pengadaannya dibantu oleh Pak Rektok (Universitas),” imbuh Lantin.
Oleh karena itu menurut Lantin, Ners angkatan 24 ini bisa dikatakan Ners yang benar-benar siap dalam menghadapi tantangan dalam memberikan asuhan keperawatan.
“Alhamdulillah seluruh mahasiswa dapat menyelesaikan seluruh tahapan dalam keadaan sehat walafiat. Kami yakin angkatan 24 ini akan benar-benar merasakan hasil dari pendidikan praktek yang mereka lalui dengan cukup berat,” pungkasnya. (moon)

Skip to content