Sukseskan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, Universitas Jember Gandeng Alumnus

Jember, 15 Maret 2021
Di era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, mahasiswa memperoleh kebebasan untuk melaksanakan magang, riset dan proyek ilmiah lainnya di luar kampus. Guna memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan magang, Universitas Jember gencar menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, baik lembaga pemerintah, sesama perguruan tinggi, hingga lembaga swasta. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah menggandeng alumnus yang sukses membangun usaha. Seperti yang dilakukan Universitas Jember yang kini resmi menjalin kerjasama dengan PT. Kusuma Satria Dinasatri Wisata Jaya, pengelola Kusuma Agrowisata, Batu. Kusuma Agrowisata, Batu, adalah usaha agroindustri yang dirintis oleh Edy Antoro, alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember yang kiprahnya sudah dikenal luas.

Penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dilaksanakan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dengan Direktur Utama Kusuma Agrowisata, Edy Antoro, di ruang kerja Rektor Universitas Jember hari Senin pagi (15/3). Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Soetriono dengan Edy Antoro. Dengan adanya MoU dan PKS ini, maka mahasiswa Universitas Jember dapat melaksanakan magang selama satu semester bahkan lebih di Kusuma Agrowisata, Batu.

“Kami ingin mahasiswa yang magang nantinya tidak sekedar menggugurkan kewajiban saja, tapi benar-benar terjun mendalami dunia kerja. Sebab adanya kemudahan magang, riset dan proyek ilmiah lainnya di luar kampus di Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar bertujuan membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata agar siap bekerja. Nah kita sengaja mengandeng alumnus, sebab tentu saja mereka memiliki kepedulian lebih kepada almamater sehingga harapannya bisa membimbing yuniornya dengan lebih intens,” tutur Iwan Taruna. Selain menggandeng Kusuma Agrowisata, Universitas Jember sudah merencanakan menjalin kerjasama dengan para alumnus Universitas Jember lainnya dalam waktu dekat.

Sementara itu kesediaan membimbing mahasiswa Universitas Jember disampaikan oleh Edy Antoro. Pengusaha sukses asal Jember ini menceritakan pengalamannya membina mahasiswa yang magang di tempat usahanya. “Di Kusuma Agrowisata, peserta magang tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai pertanian, wisata, bisnis atau mengelola SDM saja, tapi juga kami bimbing mulai merintis usaha sendiri. Sering saya ngobrol dengan mereka di awal masa magang, banyak diantara mereka yang punya banyak potensi namun belum tahu bagaimana menata diri dan belum punya strategi memasuki dunia kerja,” ungkap Edy Antoro yang mulai kuliah di Kampus Tegalboto tahun 1980 ini.
Kerjasama dengan Kusuma Agrowisata juga diharapkan memunculkan gairah berwirausaha di kalangan mahasiswa. Pasalnya dengan mengikuti program magang maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung sehingga diharapkan memunculkan ide dan kreativitas mahasiswa. “Wirausaha itu tidak bisa dipelajari di dalam kelas saja, tapi harus mau belajar dan terjun langsung di lapangan,” pungkas Edy Antoro. (iim)

Skip to content