Rachma Fadhillah Amalia, Juara Pertama Duta Lingkungan Jawa Timur

Jember, 14 April 2021
Rachma Fadhillah Amalia mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember terpilih sebagai Juara Pertama Duta Lingkungan Jawa Timur. Dara asli Banyuwangi ini berhasil mengalahkan 9 finalis lain dalam acara Malam Grand Final Duta Lingkungan Jawa Timur 2021 yang di gelar oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi di Jember Town Square (JETOS), (11/4).
Sebelum ditetapkan sebagai finalis, gadis yang akrab disapa Rachma ini harus mengikuti serangkaian proses seleksi yang sangat ketat bersama seluruh perwakilan dari Kabupaten Kota di Jawa Timur.


“Mulanya saya mengikuti tes seleksi wawancara di Jember yang berlokasi di JETOS pada 12 Februari 2021 lalu. Bagi peserta yang memenuhi kualifikasi kemudian dikarantina selama tiga hari untuk mendapatkan pembekalan materi, deep interview untuk mengetahui lebih dalam pribadi tiap peserta dan tes bakat,” ujar Rachma saat diwawancarai Humas melalui sambungan telepon, (14/4).
Sebelum ikut serta dalam ajang itu, Rachma sejak lama telah aktif di dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan. Rupanya ketertarikan Rachma dalam beragam kegiatan tersebut memuluskan jalannya untuk meraih trophy juara hingga dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Jawa Timur.


“Sejak tahun 2020 lalu saya aktif dalam kegiatan pengelolaan lingkungan di Banyuwangi bersama masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi. Tahun 2020 saya mendapat kesempatan menjadi Wakil 1 Duta Lingkungan Kabupaten Banyuwangi. Alhamdulillah sekarang menjadi Duta Lingkungan untuk Jawa Timur,” tutur Rachma yang saat ini duduk di semester 8 pada Program Studi Pendidikan Biologi ini.
Rachma mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan saat ini. Seperti bertambahnya sampah dimana-mana, kurangnya kesadaran mengelola limbah, dan terjadinya bencana alam yang merupakan dampak dari kelalaian manusia seperti bencana banjir dan tanah longsor.

Terpilihnya Rachma sebagai Duta Lingkungan Jawa Timur ini semakin membuka luas kesempatannya untuk melakukan kampanye pelestarian lingkungan. Rachma bertekat ingin menjadikan masyarakat dan generasi pemuda di Jawa Timur sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan dan membudayakan rasa cinta lingkungan.
“Oleh karena itu saya ingin menjadi role model dari masyarakat Jatim dalam hal pelestarian lingkungan. Saya harus bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat sekitar tentang peduli lingkungan, baik menggunakan pendekatan edukasi, lingkungan, maupun entertainment dengan optimalisasi penggunaan media sosial,” pungkas Rachma. [moon]

Skip to content