Universitas Jember Punya Gedung Kewirausahaan, Bantuan Bank Rakyat Indonesia

Jember, 26 November 2021
Universitas Jember kini memiliki fasilitas baru, yakni Gedung Kewirausahaan yang merupakan bantuan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Peresmian Gedung Kewirausahaan dilakukan oleh Rektor Universitas Jember bersama Mass Funding Departement Head Kantor Wilayah BRI Malang (26/11). Gedung yang terletak di double way Universitas Jember ini bakal menjadi wahana bagi mahasiswa yang berminat memulai usaha serta lokasi berbagai pelatihan terkait wirausaha. Selain kegiatan peresmian Gedung Kewirausahaan, pagi itu juga diluncurkan aplikasi BRIVA (BRI Virtual Account) bagi mahasiswa Universitas Jember yang akan memudahkan mereka mengakses berbagai layanan perbankan BRI seperti pembayaran Uang Kuliah Tunggal.

Dalam sambutannya, Mass Funding Departement Head Kantor Wilayah BRI Malang, Wida Widiati Rahayu memaparkan, Gedung Kewirausahaan untuk Universitas Jember merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Selain akan direncanakan untuk membina mahasiswa yang berminat memulai usaha, gedung Kewirausahaan dilengkapi fasilitas BRIWork yakni fasilitas ruang kerja bersama (Co-Working Space) sehingga bisa dimanfaatkan menjadi ruang bertemunya mahasiswa, dosen dan dunia usaha. “Fasilitas BRIWork di Universitas Jember ini adalah fasilitas kedua yang dibangun oleh BRI melalui CSR setelah BRIWork di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dengan adanya Gedung Kewirausahaan ini kami berharap kerjasama yang sudah terbangun antara BRI dengan Universitas Jember makin kuat dan berkembang,” ungkap Wida Widiati Rahayu.

Ajakan penguatan kerjasama dari BRI disambut hangat oleh Rektor Universitas Jember. Dalam pidatonya, rektor berterima kasih atas bantuan dari BRI, bahkan menurutnya kerjasama dengan BRI sudah berjalan baik dan membawa manfaat sebab sudah terbukti berjalan lebih dari 20 tahun. “Rencananya Gedung Kewirausahaan ini akan kami kembangkan lagi sehingga menjadi tiga lantai. Harapannya makin banyak mahasiswa Universitas Jember yang menjajal menjadi pengusaha, dan keberadaan gedung ini bisa menjembatani semua pemangku kepentingan dari mahasiswa, dosen, pengusaha, perbankan serta pihak lainnya,” ujar Iwan Taruna.

Sementara itu saat ditemui di sela-sela acara peresmian, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember menambahkan, bahwasanya Gedung Kewirausahaan juga akan menjadi lokasi Unit Pelaksana Akademik Pusat Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember. “Tugas Pusat Karier dan Kewirausahaan diantaranya menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi mahasiswa serta berfungsi sebagai pusat bursa kerja yang menyiapkan dan memudahkan lulusan Universitas Jember untuk menembus dunia kerja. Hal ini sesuai dengan salah satu kegiatan dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yakni mendukung upaya munculnya wirausahawan muda di Indonesia,” imbuh Prof. Slamin. (iim)

Skip to content