UNEJ Adakan Sosialisasi Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan

Jember. Universitas Jember menyelenggarakan Sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada hari Jumat, 1 April 2022. Penyelenggaraan sosialisasi ini terkait dengan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini dilangsungkan dengan menggunakan platform zoom meeting yang dihadiri oleh wakil rektor I, dekan dan wakil dekan, pembina ormawa beserta pengurusnya di masing-masing fakultas.

“Dengan terselenggarakannya kegiatan nyata di masyarakat, kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills. Program yang ditawarkan adalah Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).” Jelas Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc.,Ph.D. yang juga Wakil Rektor I Universitas Jember dalam sambutan pembukaan acara sosialisasi.

Lebih lanjut Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc.,Ph.D. memaparkan bahwa dalam kegiatan sosialisasi kegiatan PPK Ormawa bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas ormawa agar mampu menjadi organisasi kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter Pancasila dan cinta tanah air melalui bela Negara dan menjadi inisiator pembangunan.

Dalam kegiatan sosialisasi Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan dibagi menjadi tiga pemaparan materi oleh tiga narasumber. Materi pertama mengambil judul Program PPK kaitannya dengan Implementasi MBKM dan Pencapaian IKU oleh Dr. Iis Nur Asyah, S.P.,M.P. Materi kedua dengan topik Program PPK SIMBELMAWA Kemendikbud Ristek oleh Dr. Rokhani, S.P.,M.Si. dan pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Ns. Rismawan Adi Yunanto, M.Kep terkait dengan Teknis Penulisan Proposal dan Pengajuan Proposal PPK di SIMBELMAWA.

Topik PPK Ormawa terdiri atas empatbelas bidang yang bisa diikuti oleh organisasi kemahasiswaan Universitas Jember. Keempatbelas bidang meliputi: Sociopreneur, Pertanian Masa Depan, Sekolah Perempuan, Desa/Kelurahan Digital, Sanggar Tani Muda, Konservasi Tanaman Obat, Rumah Sampah Digital, Desa/Kelurahan Sehat, Desa/Kelurahan Cerdas, Rumah Inovasi, Kampung Iklim, Desa/Kelurahan Maritim, Desa/Kelurahan Hutan, dan Aktivitas lain pilihan Ormawa.

Kegiatan Sosialiasisasi Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan setiap sesi pemaparan materi dilakukan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Acara berlangsung sangat menarik yang dimulai pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Kegiatan pun diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang berjumlah 261 dengan Wakil Rektor I Universitas Jember secara zoom. [BAK]

Skip to content