P2SDM LP3M Universitas Jember : Selenggarakan Pelatihan PEKERTI Tahap IV

Jember, 27 Juli 2022
Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember selenggarakan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Tahap IV yang dimulai pada Senin, 25 Juli 2022 hingga Jumat, 29 Juli 2022. Menurut Ketua LP3M, Albert Tallapessy dalam sambutan pembukaannya, pelatihan PEKERTI Tahap IV ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi, dan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi sebagai upaya pelaksanaan tugas secara profesional dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa.

Wakil Rektor I UNEJ, Prof. Slamin menyampaikan materi di PEKERTI IV

Mengikuti PEKERTI menjadi penting bagi dosen-dosen di Universitas Jember, agar mereka memiliki basis keterampilan dan pengetahuan serta pemahaman dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Beberapa manfaat dari pekerti yang bisa diperoleh oleh peserta pelatihan adalah mewujudkan pembelajaran yang memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap sesuai kebutuhan pembelajaran, mewujudkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif dengan penerapan model dan strategi pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang komunikatif antara peserta didik, pendidik, dan sumber belajar.

Sementara itu menurut Ketua Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) LP3M sekaligus ketua panitia kegiatan, Niken Widya Palupi, peserta PEKERTI Tahap IV ini adalah dosen CPNS di Universitas Jember. Jumlah seluruh peserta sebanyak 24 dosen dari berbagai program studi. Mereka akan mengikuti pelatihan selama lima hari yang diawali pada hari Senin tanggal 25 Juli dan berakhir hari Jumat tanggal 29 Juli 2022. Peserta akan memperoleh materi yang berguna dalam menjalankan tugas sebagai dosen dan pembimbing mahasiswa. Diantaranya materi tentang implementasi softskill dalam pembelajaran, penentuan capaian pembelajaran, teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran orang dewasa, analisis kompetensi mata kuliah dan beberapa materi lain.

“Pelatihan PEKERTI tahap IV nanti juga akan disusul PEKERTI tahap V yang dijadwalkan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 12 Agustus 2022 nanti. Pembagian menjadi dua tahap ini sengaja kami lakukan untuk mengefektifkan dan memaksimalkan pelaksanaan kegiatan. Mengingat para peserta yang merupakan dosen juga sudah memiliki kesibukan dan tugas di fakultas masing-masing. Peserta untuk PEKERTI tahap V juga akan diikuti oleh 24 peserta. Targetnya semua dosen Universitas Jember nantinya semuanya telah mengikuti PEKERTI,” pungkas Niken Widya Palupi yang juga dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini. Pelaksanaan PEKERTI dilakukan secara luring di Aula LP3M, lantai 2 Gedung Soedjarwo Universitas Jember. [BAK]

Skip to content