Universitas Jember Fasilitasi Lulusan Peroleh Pekerjaan Layak

Jember, 19 Agustus 2022
Universitas Jember melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) terus berusaha memfasilitasi lulusannya agar mendapatkan pekerjaan layak. Diantaranya dengan memastikan lulusan dapat memperoleh pekerjaan pertama dengan gaji sesuai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yang sudah ditetapkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Salah satu usaha yang dilakukan oleh LP3M Universitas Jember adalah menjalin kerjasama dengan perusahaan sehingga memastikan lulusan Universitas Jember yang diterima bakal mendapatkan gaji layak.

Kali ini LP3M Universitas Jember menggandeng PT. BFI Finance Tbk., ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Wakil Rektor III bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Humas dengan perwakilan PT. BFI Finance Tbk., wilayah Jawa Timur-Bali, hari Selasa sore (18/8). Menurut Wakil Rektor III Universitas Jember, dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini maka ada jaminan lulusan Universitas Jember yang akan bekerja di PT. BFI Finance Tbk., bakal memperoleh gaji layak. Tidak hanya akan memperoleh gaji yang layak, perjanjian kerjasama juga mengagendakan kegiatan lain semisal pelatihan bagi mahasiswa dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja dengan menghadirkan narasumber dari PT. BFI Finance Tbk.

“Seperti yang disyaratkan dalam Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dari Ditjen Dikti, maka lulusan perguruan tinggi diharapkan mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih dari 1,2 kali lipat Upah Minimal Regional yang ditetapkan pemerintah. Berdasarkan target ini maka Universitas Jember melalui LP3M terus berusaha memfasilitasi lulusan bisa mendapatkan gaji layak, salah satu caranya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Langkah ini juga menjadi komitmen Universitas Jember dalam memfasilitasi lulusannya mencari pekerjaan,” jelas Prof. Bambang Kuswandi.

Harapan Universitas Jember ternyata selaras dengan program PT. BFI Finance Tbk., seperti diungkapkan oleh Fathur Amirul Amal Sianturi, selaku Human Capital Business Partner Specialist PT. BFI Finance wilayah Jatim-Bali. Menurutnya perusahaannya sudah memiliki sistem pengupahan yang telah memenuhi aturan penggajian sesuai aturan pemerintah. Bahkan besaran gaji yang akan diterima melebihi Upah Minimum Regional, terutama untuk posisi-posisi di lingkup penugasan manajerial seperti marketing, surveyor dan administrasi.

“Kami juga memiliki program management trainee yang menyiapkan fresh graduate menjadi calon-calon manajer di masa depan. Dan tentu saja bagi mereka yang diterima melalui jalur ini bakal menerima penghasilan berdasarkan performa masing-masing. Kami juga memiliki program Kumpul Kampus yang akan kami aktifkan lagi setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Program Kumpul Kampus ini menjadi wahana bagi kami untuk bekerjasama dengan kampus, ada banyak program yang kami lakukan semisal memberikan berbagai pelatihan hingga penyaluran beasiswa,” ungkap Fathur Amirul Amal Sianturi yang sore itu didampingi koleganya, Fina Nailus Shobaroh.

Sementara itu menurut Kepala Pusat Karir Kewirausahaan dan Alumni LP3M Universtas Jember, Rokhani, dalam waktu dekat pihaknya sudah mengagendakan berbagai kegiatan dalam rangka memfasilitasi lulusan memasuki dunia kerja. Diantaranya berbagai pelatihan semisal pelatihan menghadapi wawancara, menulis lamaran hingga ajang Job Fair. “Pusat Karir Kewirausahaan dan Alumni LP3M Universtas Jember mengagendakan empat kali beragam pelatihan menghadapi dunia kerja dalam setahun, termasuk akan menggelar kegiatan Job Fair yang akan dilaksanakan pada 17 hingga 19 Oktober 2022 nanti,” kata Rokhani yang didampingi Sekertaris I LP3M, Tantut Sutanto. (iim)

Skip to content