Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Universitas Jember Perkuat SDM untuk Optimalisasi Aplikasi SAKTI dalam Pelaporan Barang Milik Negara

Malang, 22 Agustus 2022
Universitas Jember menyelenggarakan Workshop BMN “Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan BMN Triwulan III Tahun 2022” penggunaan Aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi, SAKTI. Pentingnya aplikasi tersebut dalam pengelolaan Barang Milik Negara yang transparan dan akuntable merupakan pengimplimentasian amanat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 33 ayat 3 menyebutkan bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat yang harus di patuhi oleh semua instansi Negara. Hal tersebut dikemukaan oleh Prof. Drg. Hernawati, Wakil Rektor II Universitas Jember (22/08/2022) di Shanaya Resort Malang.

“Menjadi sangat penting aplikasi ini, sebab Salah satu proses penatausahaan BMN di lingkungan Universitas Jember adalah mekanisme rekonsiliasi dan penyusunan laporan dengan menggunakan aplikasi SAKTI. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi dibangun guna mendukung pelaksanaan sistem perbendaharaan dan penganggaran negara pada tingkat instansi meliputi modul penganggaran, modul komitmen, modul pembayaran, modul bendahara, modul persediaan, modul aset tetap, modul akuntansi dan pelaporan dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi informasi.”, jelasnya.

Dirinya mengatakan keberhasilan kegiatan ini adalah terpenuhinya capaian yaitu peningkatan pemahaman proses bisnis dan teknis dalam penatausahaan BMN menggunakan aplikasi SAKTI baik modul aset maupun persediaan sehingga mampu mewujudkan penatausahaan dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum.

Dirinya berharap, dengan terintegrasinya sistem yang di bangun oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia tersebut untuk mengontrol terjadinya penyimpangan dalam menggunakan barang milik Negara.

Sementara itu Muhammad Priandi, S.E., Ak., M.B.A, M.Sc. Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Informasi Eksternal III, Direktorat SITP. Memgapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya. Universitas Jember turut serta menjalankan intruksi Presiden bahwa setiap Lembaga Pemerintah harus melakukan transformasi digital.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Universitas Jember atas komitmennya dalam menjalankan Aplikasi ini, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaporan Barang Milik Negara (BMN) dapat terintegrasi dengan baik”, katanya.

Dirinya berharap agar terus menjalin komunikasi dengan KPPN setempat agar implementasi penerapan system tersebut sesuai dengan mekanisme yang telah disepakati untuk saling bersinergi mengamankan barang milik Negara.

Wahyu Ragil Saputro, S.Kom, Pelaksana Seksi Pengelolaan SIstem Informasi Eksternal III Direktorat SITP Kemenkeu, dalam paparannya mengatakan Bahwa SAKTI merupakan Sistem Baru dimana sistem ini Mengintegrasikan Seluruh aplikasi satker yang ada dan mempunyai konsep database terpusat (single database).

”Aplikasi ini mempunyai Fungsi dalam Penganggaran, Pelaksanaan sampai dengan Pertanggungjawaban Anggaran yang digunakan oleh Kementerian Negara/Lembada dari Level Satker, Wilayah, Eselon 1 dan Kementerian”, paparnya.

Dirinya menghimbau agar para operator Aplikasi SAKTI tersebut saling bersinergi dan mempunyai komunikasi yang baik serta adanya komitmen pimpinan agar penyusunan laporan keuangan dan laporan BMN berjalan dengan lancar dan menghasilkan laporan yang akuntabel untuk satuan kerjanya.

Kegiatan tersebut diselenggarakam dari tanggal 22 sampai 24 Agustus 2022 dengan melibatkan seluruh operator baik Kantor Pusat, Lembaga, UPT dan Fakuktas yang ada di Universitas Jember dengan narasumber, PIC SAKTI Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendahaaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia, CSO SAKTI Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember, Wakil Rektor II Universitas Jember, Kepala Biro II Universitas Jember, Wakil Koordinator Pokja BMN Universitas Jember, Analis BMN Universitas Jember. (is)