UMC Universitas Jember, Klinik Pratama Dengan Layanan Terlengkap Di Jember

Jember, 17 September 2022
Universitas Jember (UNEJ) Medical Center atau yang biasa dikenal sebagai UMC terus berupaya melengkapi dan meningkatkan layanannya. Salah satu layanan terbaru yang tengah disiapkan adalah fasilitas konsultasi dan perawatan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penambahan layanan ini melengkapi layanan yang sudah ada seperti layanan untuk Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), layanan konsultasi gizi, Baby Spa hingga layanan kesehatan reproduksi bagi anak muda yang bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Bahkan UMC sudah memiliki alat USG 4 dimensi yang diproyeksikan mendukung rencana UMC sebagai pusat layanan fertilitas di masa datang.

Rencana penambahan fasilitas baru ini disampaikan oleh Koordinator UMC, dr. Ulfah Elfiah, M.Kes.,Sp. BP-RE (K) dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema Branding Layanan Kesehatan dan Promosi Layanan (16-17/9). Adanya beragam fasilitas tersebut menjadikan UMC sebagai Klinik Pratama Rawat Jalan terlengkap di Jember. Sebagai tindak lanjut peningkatan layanan, dalam waktu dekat UMC juga akan kembali memulai layanan 24 jam yang sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19, serta menambahkan layanan rawat inap. Pembukaan layanan rawat inap akan menjadikan UMC menjadi Klinik Pratama Rawat Inap.

Koordinator UMC dr Ulfah Elfiah, MKes Sp.BP-RE(K)

“Kami optimis UMC mampu memberikan layanan yang lebih baik lagi, tidak hanya bagi kalangan internal saja namun juga untuk masyarakat umum. Selain memiliki berbagai layanan kesehatan dengan dukungan 40 tenaga kesehatan dan non kesehatan, kami juga melibatkan para pakar yang ada di fakultas rumpun kesehatan di Universitas Jember seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Keperawatan,” jelas dr. Ulfah Elfiah, M.Kes.,Sp. BP-RE (K). Untuk diketahui UMC menyediakan layanan klinik umum dan klinik gigi.

Rektor Unej memberikan arahan

Dukungan untuk terus memberikan layanan paripurna bagi warga Jember juga datang dari Rektor Universitas Jember. Dalam arahannya, Iwan Taruna mendorong UMC terus berkreasi meningkatkan layanan mengingat sudah memiliki SDM yang baik, sarana prasarana, pengalaman, serta sudah teruji. “Pada saat pandemi Covid-19 menerpa Jember, UMC menjadi ujung tombak pencegahan dan penanganan Covid-19 untuk warga Universitas Jember. Bahkan berperan aktif di tingkat kabupaten Jember. Terbukti telah mendapatkan penghargaan dari Bupati Jember sebagai Klinik Pratama Rawat Jalan terbanyak memberikan vaksin Covid-19 kepada warga Jember. Sarana prasarana yang baik serta SDM yang mumpuni ini menjadi modal memberikan layanan kesehatan bagi warga Universitas Jember dan warga Jember. Sekaligus sebagai sumbangsih Universitas Jember dalam meningkatkan derajat kesehatan warga Jember dan sekitarnya,” tutur Iwan Taruna. (iim)

Skip to content