Kinerja Anggaran Universitas Jember Nomor 9 Diantara PTN BLU se-Indonesia

Jember, 14 Oktober 2022
Prestasi kembali dicatat oleh Universitas Jember yang belum genap dua tahun menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Ditjen Dikti menempatkan Universitas Jember di posisi ke-9 sebagai PTN BLU dengan kinerja anggaran tahun 2022 terbaik diantara 35 PTN BLU di Indonesia. Kabar membanggakan ini disampaikan oleh Wakil Rektor II bidang Administrasi, Umum dan Keuangan, Prof. Sri Hernawati di tengah kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Rencana Kerja Anggaran Universitas Jember tahun anggaran 2023 di Surabaya (13-15/10).

Rektor UNEJ membuka kegiatan FGD Penetapan Rencana Kerja Anggaran UNEJ Tahun Anggaran 2023

Prestasi ini tentu saja disambut gembira oleh Rektor Universitas Jember, menurutnya keberhasilan tersebut diraih atas kerjasama semua pihak, sehingga Universitas Jember yang masih baru menjadi PTN BLU sudah menampakkan prestasi. Predikat ini juga menjadi modal Universitas Jember memasuki tahun anggaran 2023. Sebagai informasi, kegiatan Focus Group Discussion Penetapan Rencana Kerja Anggaran Universitas Jember tahun anggaran 2023 dihadiri seluruh dekan dan pimpinan lembaga yang ada di Universitas Jember, termasuk perwakilan dari kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan.

Rektor UNEJ membuka kegiatan FGD Penetapan Rencana Kerja Anggaran UNEJ Tahun Anggaran 2023

“Ada beberapa program strategis yang sudah direncanakan tahun depan, diantaranya pengajuan sepuluh program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional, yakni akreditasi FIBAA dan ASIIN. Semoga seluruh program studi tersebut sukses mendapatkan akreditasi internasional sehingga menambah jumlah program studi yang sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi internasional yakni Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Agrinisnis dan Program Studi Agroekoteknologi,” ujar Iwan Taruna dalam sambutan pembukaannya.

Ketua Dewan Pengawas UNEJ, Beny Bandanadjaja

Rektor kemudian berharap semua unit kerja, terutama di fakultas untuk selalu berusaha meningkatkan layanan sesuai dengan tujuan utama pembentukan BLU yakni memberikan layanan yang lebih baik. Salah satu cara meningkatkan kualitas layanan adalah dengan mengaplikasikan konsep PRIMA yakni Profesional, Responsif, Inovatif, Millenial dan Akuntabel. “Khusus di ranah akuntabilitas, saya meminta semua unit kerja untuk memulai melakukan evaluasi apakah layanan yang diberikan sudah memuaskan pelanggan? Caranya dengan membuat kuesioner dan menganalisa hasilnya. Tujuannya agar layanan kita makin baik,” imbuh Iwan Taruna.

Pujian juga datang dari Dirjen Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, yang merupakan ketua Dewan Pengawas Universitas Jember. Menurutnya proses perjalanan Universitas Jember menuju PTN BLU tergolong mulus, bahkan kinerja anggarannya masuk sepuluh besar terbaik. Pasalnya ada PTN yang sudah berstatus BLU terlebih dulu namun ada proses yang masih harus diselesaikan. Sementara itu, Ketua Senat Universitas Jember, Andang Subaharianto mengingatkan unsur pimpinan di Universitas Jember untuk memperhatikan pembangunan karakter selain fokus pada pembangunan bersifat fisik dan pembangunan keilmuan.

“Saya ingin mengutip pendapat Bung Karno yang berpesan bahwa tanpa kekayaan mental, maka upaya penumpukan material dan keterampilan hanya akan melanggengkan penjajahan. Oleh karena itu sebagai PTN yang kini berstatus BLU maka Universitas Jember harusnya lebih mampu menghasilkan lulusan berkarakter dan berintegritas, dan tentu saja lulusan yang berilmu,” ungkap Andang Subaharianto.

Ketua Senat UNEJ, Andang Subaharianto menyampaikan arahan

Setelah sesi pembukaan, acara diteruskan dengan FGD yang diawali arahan para wakil rektor yang menjelaskan kondisi Universitas Jember saat ini. Hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan rencana kerja anggaran oleh para dekan, koordinator kampus satelit dan ketua lembaga yang kemudian didiskusikan dengan pendampingan dari Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Jember. Terpilih sebagai unit kerja dengan rencana kerja anggaran terbaik adalah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu ( LP3M), disusul Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Ilmu Budaya. Ketiganya akan mendapatkan penghargaan dari Rektor Universitas Jember yang rencananya akan diberikan pada malam puncak pwringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember di bulan November. (iim)

Para Wakil Rektor UNEJ menyampaikan penjelasan mengenai kondisi UNEJ saat ini
Dekan FH UNEJ, Prof. Bayu Dwi Anggono memaparkan rencana anggaran FH tahun 2023
Skip to content