Hari Ke Enam UTBK SNBT 2023, Pusat UTBK Universitas Jember Layani Dua Peserta Difabel dan Satu Dengan Layanan Khusus

Jember, 13 Mei 2023
Hingga hari ke enam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 di Pusat UTBK Universitas Jember berjalan dengan lancar. Menurut Ketua Pusat UTBK Universitas Jember, Prof. Slamin, mulai dari hari pertama UTBK SNBT hingga saat ini, pihaknya tidak menemukan kejadian yang mengarah pada tanda-tanda perjokian atau bentuk kecurangan lainnya. Namun pada hari ke enam (13/5) Pusat UTBK Universitas Jember melayani dua peserta difabel dan satu peserta dengan layanan khusus.

Ketua Pusat UTBK UNEJ yang juga Warek I, Prof. Slamin melihat kondisi Komang Tri Amalia Dewanti yang mengikuti UTBK di gedung Integrated Laboratory for Health Science, Plant and Natural Medicine

Ketiga peserta tersebut adalah Komang Tri Amalia Dewanti yang mengikuti UTBK di gedung Integrated Laboratory for Health Science, Plant and Natural Medicine. Kedua, Nanda Amalia Putri Rosezam di lokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Keduanya mengikuti UTBK untuk sesi pagi di tanggal 13 Mei 2023. Sementara M. Faisal Arjuna yang ujian di lokasi Fakultas Ilmu Budaya mendapatkan ujian di sesi siang.

Nanda Amalia Putri Rosezam yang masih dalam fase pemulihan akibat kecelakaan mengikuti UTBK SNBT di lokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Untuk peserta Komang Tri Amalia Dewanti lupa memilih pilihan difabel pada saat pendaftaran UTBK SNBT 2023, padahal yang bersangkutan memakai kursi roda. Untungnya lokasi UTBK SNBT di gedung Integrated Laboratory for Health Science, Plant and Natural Medicine sudah dilengkapi lift sehingga tidak ada problem menuju lokasi ujian. Kondisi ini sama dengan M. Faisal Arjuna, namun bedanya pada saat pendaftaran UTBK SNBT Faisal sudah menyatakan diri sebagai difabel, sehingga mendapatkan lokasi ujian di Fakultas Ilmu Budaya yang telah disiapkan oleh panitia sebagai lokasi ujian bagi peserta difabel.

“Untuk peserta Nanda Amalia Putri Rozezam sebelum hari H memang sudah melapor ke panitia bahwa kondisinya masih tidak memungkinkan untuk menaiki tangga. Sehingga kita berikan perlakuan khusus, yakni panitia menyediakan perangkat komputer di lantai satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis sehingga tidak perlu naik ke lantai dua. Sekali lagi saya menghimbau bagi peserta UTBK SNBT 2023 yang ujian di Pusat UTBK Universitas Jember dan membutuhkan layanan tambahan agar segera menghubungi kami melalui Humas,” tutur Prof. Slamin.

Panitia di Pusat UTBK UNEJ bersama anggota Satpam UNEJ membantu salah satu peserta

Sementara itu ditemui di tempat berbeda, M. Multazam, ayahanda Nanda Amalia Putri Rosezam menjelaskan jika putrinya terlibat kecelakaan tunggal pada bulan Desember 2022 lalu. Seusai berolah raga di alun-alun Jember Nanda bergegas pulang ke rumahnya di daerah Pagah, Kecamatan Patrang. Naas, di depan Stasiun Kereta Api Jember, Nanda terjatuh bersama sepeda motornya karena menghindari seseorang yang menyeberang jalan secara tiba-tiba. Akibat kecelakaan ini ligamen kaki kanannya robek.

M. Faisal Arjuna mengikuti UTBK SNBT di lokasi Fakultas Ilmu Budaya

“Putri saya sudah menjalani dua kali operasi di RSUD dr Soebandi Jember dan masih dalam proses penyembuhan. Alhamdulillah sudah bisa berjalan tanpa alat bantu namun untuk melakukan kegiatan tertentu seperti naik tangga masih belum bisa karena masih terasa ngilu. Semoga Nanda bisa diterima di Universitas Jember sesuai cita-citanya, kebetulan memilih di Progam Studi Manajemen dan Administrasi Bisnis,” kata sang ayah. Nanda adalah siswa SMAN 2 Jember yang juga atlet basket di sekolahnya dan atlet basket Jember.

Pemeriksaan peserta UTBK SNBT 2023 di lokasi FIB UNEJ

Sesuai dengan jadwal UTBK SNBT 2023 digelar dalam dua gelombang, gelombang pertama dari 8 hingga 14 Mei 2022. Diteruskan dengan gelombang kedua pada 22 sampai 28 Mei 2023. Untuk diketahui jumlah peserta UTBK SNBT 2023 yang memilih ujian di Pusat UTBK Universitas Jember berjumlah 13.989 orang. Dengan kapasitas 910 peserta setiap sesinya, maka proses UTBK SNBT 2023 di Pusat UTBK Universitas Jember akan berakhir pada tanggal 23 Mei 2023. (iim)

Skip to content