LP3M Universitas Jember Jembatani Lulusan Dengan Dunia Industri

PT Triputra Agro_UNEJ

Jember, 5 Juli 2023
Guna menjembatani lulusan dengan dunia industri, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember melalui Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni menggelar kegiatan rekrutmen (4/7). Kali ini mitra yang diajak bekerjasama adalah PT. Triputra Agro Persada. Selain melaksanakan rekrutmen, LP3M juga menegaskan kerjasama dengan menggelar acara penandatanganan naskah kesepahaman (MoU). Kali ini Universitas Jember diwakili oleh Wakil Rektor III, Prof. Bambang Kuswandi dengan Deputy Director Human Capital PT. Triputra Agro Persada, Handoko Gidion Immanuel di aula lantai 5 Gedung Soedjarwo.

Wakil Rektor III UNEJ (kedua dari kanan) bersama Deputy Director Human Capital PT. Triputra Agro Persada (kedua dari kiri) menunjukkan naskah MoU

Dalam sambutannya, Prof. Bambang Kuswandi mengapresiasi langkah LP3M Universitas Jember melalui Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni menggelar kegiatan rekrutmen. Pasalnya tingkat serapan lulusan ke dunia kerja menjadi salah satu Indeks Kinerja Utama (IKU) sebuah perguruan tinggi. Bahkan Kemendikbudristek menargetkan 60 persen lulusan dalam setiap angkatan bisa diterima pasar kerja atau berwirausaha.

“Oleh karena itu Universitas Jember melalui Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni LP3M Universitas Jember rutin menggelar kegiatan rekrutmen dan menjalin kerjasama dengan banyak mitra. Harapannya makin banyak lulusan kami yang terserap pasar kerja,” ujar Prof. Bambang Kuswandi.

Ketua Pusat Karier, Kewirausahaan dan Alumni UNEJ, Rokhani (paling kanan) bersama Deputy Director Human Capital PT. Triputra Agro Persada membuka kegiatan

Sementara itu Deputy Director Human Capital PT. Triputra Agro Persada, Handoko Gidion Immanuel, menjelaskan pihaknya berharap melalui kegiatan rekrutmen dan kerjasama kali ini mendapatkan calon karyawan yang berkualitas. PT. Triputra Agro Persada adalah perusahaan di bidang agroindustri yang tengah mengembangkan pertanian dan perkebunan secara berkelanjutan yang bertujuan memberikan hasil maksimal, produktivitas tinggi, efisiensi biaya, kemampuan tanam dengan kualitas terbaik. Menurut rencana peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di beberapa provinsi lokasi usaha PT. Triputra Agro Persada seperti di Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni, Rokhani menambahkan bahwa pihaknya akan terus berusaha menjembatani lulusan dengan berbagai kegiatan, termasuk rekrutmen seperti kali ini. Pasalnya dengan cara ini dapat memperpendek masa tunggu lulusan Universitas Jember untuk mencari kerja. Kedua, memperkenalkan mitra kerjasama dengan Universitas Jember secara langsung.

Suasana seleksi PT. Triputra Agro Persada di aula lt5 Gd Soedjarwo

“Hari ini ada 53 peserta yang turut serta. Sebelum menjalani seleksi kami juga selalu memberikan seminar dan pelatihan yang bertujuan sebagai bekal untuk meniti karier. Selanjutnya para peserta yang lolos seleksi akan menjalani On The Job Training, sekaligus wahana bagi perusahaan untuk melakukan penilaian yang didasarkan kompetensi, sikap, ketekunan, dan disiplin,” pungkas Rokhani. (dil/iim)

Skip to content