Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

23 Mahasiswa Universitas Jember Bertolak Ke Jerman 

Jember, 5 Agustus 2023
Sebanyak 23 mahasiswa Universitas Jember dari FMIPA dan Fakultas Teknik (FT), bertolak ke Jerman (5/8). Hingga akhir bulan Agustus 2023 nanti, mereka akan menimba ilmu di Flensburg University of Applied Sciences. Mereka akan belajar marine bioengineering and biotechnology, dengan didampingi tiga dosen pembimbing yang dipimpin oleh Dr. rer nat. Kartika Senjarini. Para Duta Universitas Jember ini juga dijadwalkan akan mengunjungi aktivitas riset di University of Kiel yang memiliki fasilitas GEOMAR Helmholtz Centre for Ocean Research.
Para mahasiswa UNEJ mendapatkan pengarahan dari Kepala LP2M UNEJ, Prof. Yuli Witono sebelum bertolak ke Jerman
Menurut Dr. rer nat. Kartika Senjarini, para mahasiswa Universitas Jember ini mendapatkan kesempatan belajar di Jerman melalui program Summer School dari Erasmus+ European Union, dan program Study Visit dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD). Untuk diketahui, jalinan kerja sama antara Universitas Jember dengan pemerintah Jerman melalui DAAD sudah memasuki tahun ketiga belas.
“Kami telah menyeleksi dan mempersiapkan 23 mahasiswa pilihan ini semenjak bulan November tahun 2022 lalu. Setelah terpilih melalui serangkaian seleksi, mereka kami gembleng dengan kemampuan riset, penguasaan Bahasa Inggris dan Jerman hingga pengetahuan akan budaya Jerman agar tidak mengalami gegar budaya. Tema riset kali ini yang fokus pada marine bioengineering and biotechnology sesuai dengan visi dan misi Universitas jember yang ingin mengembangkan bioteknologi,” jelas Dr. rer nat. Kartika Senjarini.
Selain mengemban misi pendidikan dan penelitian oleh mahasiswa, rombongan Universitas Jember yang dipimpin oleh Wakil Rektor II bidang Keuangan dan Umum akan menjajagi kerja sama dengan perguruan tinggi kesehatan di Jerman. Tugas ini dilakukan seiring dengan pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Jember yang akan mulai dibangun akhir tahun ini.
“Beberapa perguruan tinggi kesehatan yang akan kita kunjungi diantaranya adalah Lubeck Medical School dan Ulm Medical School.  Kami berharap pembangunan dan pengembangan RSPTN Universitas Jember akan mendapatkan dukungan dari mitra di Jerman. Sekaligus mematangkan persiapan seminar internasional mengenai kesehatan yang rencananya akan digelar di Kampus Tegalboto Universitas Jember pada tahun depan bekerja sama  dengan Tuebingen Medical School,” kata Wakil Rektor II Universitas Jember, Prof. Sri Hernawati yang ke Jerman didampingi Dekan Fakultas Kedokteran.
Rasa bangga dapat mengikuti perkuliahan di Jerman disampaikan juga oleh salah satu mahasiswa peserta yakni Athalla Winengku Raharjo. Menurutnya, dirinya dan kawan-kawan sudah siap menjalani program yang sudah diagendakan. Termasuk akan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memperkenalkan Universitas Jember dan Jember serta budaya Indonesia pada khalayak Jerman.
Kegiatan yang akan digelar diantaranya upacara 17 Agustus di kampus Flensburg University of Applied Sciences serta menggelar Indonesian Day selama dua hari (24-25/8) di alun-alun kota Flensburg.  Dalam kesempatan ini para mahasiswa Universitas Jember akan menampilkan beragam seni khas Indonesia seperti tari Gandrung Banyuwangi, pemutaran film tentang budaya Indonesia, pameran kain batik dan kegiatan lainnya.
“Kami sudah membawa beragam bahan makanan guna membuat tumpeng nasi kuning saat upacara 17 Agustus di Jerman nanti, termasuk membawa makanan khas Jember seperti Edamame dan tentu saja kopi. Jadi, selain menimba ilmu, kami juga melakukan KKN Internasional,” ujar Athalla yang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin FT Universitas Jember ini. (iim)
Skip to content