Persiapkan Lulusan Siap Bersaing di Dunia Kerja, UPA Pengembangan Karier & Kewirausahaan Gelar Webinar Kiat Masuk Dunia Kerja di Era Digital

Jember, 31 Agustus 2023
Dalam rangka mempersiapkan lulusannya agar siap memasuki dunia kerja, Universitas Jember melalui Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan menggelar webinar bertema “Kiat Memasuk Dunia Kerja di Era Digital (30/8). Kegiatan kali ini diikuti oleh 116 peserta yang terdiri dari mahasiswa yang akan mengikuti wisuda dan lulusan Universitas Jember.

Webinar kali ini menggandeng PT. QuBisa Anugerah Indonesia, penyedia layanan usaha pembelajaran online dan e-learning platform. QuBisa melalui laman www.qubisa.com fokus membantu mahasiswa dalam pengembangan karier. Kali ini QuBisa menghadirkan psikolog dan CEO Asoka Consulting, Infanti Wisnu Wardhani.

Psikolog dan CEO Asoka Consulting, Infanti Wisnu Wardhani (berjilbab) menyampaikan materi.

Dalam materinya Infanti berpesan agar setiap mahasiswa menguasai beragam softskill selain melaksanakan manajemen waktu. Menguasai daya kepemimpinan disertai sikap kritis dan kreatif nantinya menjadi pasangan terbaik daya adaptasi seseorang di dunia kerja. “Walaupun dunia digital sudah makin canggih, kerjakan segala sesuatunya dengan hati, karena mesin tidak bisa menggantikan peran manusia dalam berempati,” pesannya.

Sementara itu menurut Kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, Rokhani, kegiatan ini bertujuan membekali lulusan Universitas Jember yang akan memasuki dunia kerja dengan seperangkat kiat sukses menembus dunia kerja, khususnya di era digital. Webinar dibuka secara resmi oleh rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Dirinya berharap mahasiswa dan lulusan Universitas Jember memanfaatkan semua fasilitas di kampus termasuk yang ada di UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan agar siap terjun di dunia kerja.

“Sesuai program yang sudah disusun oleh UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, maka kegiatan pembekalan bagi calon lulusan Universitas Jember akan dilakukan sebanyak dua kali dalam satu semesternya. Tidak hanya menggelar kegiatan bernuansa diskusi saja, namun UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan juga memiliki agenda kegiatan lain seperti Career Expo secara rutin dan aktif menjalin kerja sama dengan dunia industri,” jelas Rokhani.

Alumnus UNEJ, Dr Frenza Fairuz menyampaikan testimoni dan berbagi pengalamannya kepada yuniornya

Pemateri berikutnya adalah Frenza Fairuz Firmansyah yang juga alumnus Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Pria yang baru saja meraih gelar doktornya ini lantas menceritakan pengalamannya dalam mengembangkan usaha sekaligus sukses menuntut ilmu hingga jenjang doktoral. Menurutnya salah satu kiat sukses mengarungi kerasnya dunia kerja di era digital adalah dengan aktif mencari bekal softskill selama kuliah.

Pria yang akrab dipanggil Frenza lantas menceritakan kegiatannya selama kuliah dahulu. Dari menjadi Duta Kampus Universitas Jember dan Duta Wisata Jember, aktif di paduan suara FKIP, hingga menjadi pengurus HMPS Pendidikan Matematika. Bukan itu saja, semenjak duduk di semester tiga Frenza sudah giat berbisnis mulai dari rental kamera, penyedia jasa fotografi dan videografi hingga bisnis pertanian.

Kesemua aktivitas tadi tak lantas membuatnya melupakan kewajiban utama menuntut ilmu. Terbukti gelar S-2 dan S-3 sudah diraihnya. Saat ini Frenza memiliki FW Project Indonesia yang fokus pada bidang pendidikan diantaranya bimbingan belajar, pertukaran pelajar, mahasiswa, dan guru internasional hingga konsultasi pendidikan. Keberhasilannya meniti usaha yang terkait pendidikan ini tak lepas dari pengalamannya saat kuliah mengikuti beragam kegiatan pertukaran mahasiswa semasa kuliah.

“Lakukan perencanaan, konsisten meraih target disertai disiplin. Cintai bidang yang sudah kita pilih agar kita menjadi yang terbaik. Lulus kuliah hanyalah awal dari perjalanan yang panjang. Oleh karena itu daya adaptif menjadi salah satu kunci menghadapi persaingan. Saya yakin setiap dari kita memiliki potensi yang luar biasa tinggal bagaimana kita mewujudkannya,” ungkap Frenza kepada yuniornya. (iim)

Skip to content