Terinspirasi Sister, Universitas Hang Tuah Surabaya Kunjungi Universitas Jember Jalin Kerja Sama dan Studi Banding

Jember, 12 September 2023

Universitas Jember menerima kedatangan Universitas Hang Tuah Surabaya dalam rangka studi banding dan melaksanakan jalinan kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Jember, Dr. Iwan Taruna dan Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor 1, Prof. Dian Mulawarmanti.

Universitas Hang Tuah Surabaya dikenal dengan paradigmanya yaitu fokus pada sektor kelautan sebagai tiang utama pembangunan ekonomi nasional. Bersama dengan Universitas Jember, keduanya sepakat untuk menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kehadiran Wakil Rektor 1 Universitas Hang Tuah Surabaya juga didampingi oleh Dekan Fakultas Kedokteran beserta kepala bagian kerja sama, bagian akademik, dan sistem informasi. “Sebagai sesama perguruan tinggi penyelenggara Tridharma Perguruan Tinggi tentunya kerja sama ini kita lakukan dalam upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi baik pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Utamanya dalam rangka meningkatkan mutu akademik yang dalam hal ini perlu didukung dengan kemajuan teknologi untuk memberikan fasilitas terbaik bagi stakeholder kita.” tutur Prof. Dian Mulawarmanti.

Dalam studi bandingnya, Universitas Hang Tuah Surabaya banyak menerima insight baru dari Universitas Jember. Khususnya dalam bidang akademik dan kurikulum bidang kedokteran serta pengembangan teknologi informasi dan komputer dalam proses pembelajarannya. Universitas Hang Tuah Surabaya mengaku sangat terinspirasi dengan penerapan teknologi informasi dan komputerisasi yaitu menggunakan Sistem Informasi Terintegrasi (SISTER) Universitas Jember.

“Untuk mencapai perguruan tinggi bereputasi tinggi baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional, segenap sivitas akademika di dalamnya harus mempunyai cita-cita dan pandangan jauh ke depan, serta diiringi dengan tekad yang kuat untuk mencapainya. Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut, kami Universitas Jember sangat terbuka jika ada perguruan tinggi yang datang untuk melakukan kolaborasi.” ujar Dr. Iwan Taruna dalam sambutannya.

Acara yang digelar di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Jember ini dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait pelaksanaan pembelajaran, penyusunan kurikulum penerapan teknologi informasi guna mendukung proses pembelajaran, khususnya di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi yang menerapkan sistem blok. (dil)

Skip to content