Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

169 Penerima KIP-K, Lulus di Wisuda Periode IV Universitas Jember semua IPK-nya di Atas 3,00 !

Jember, 14 Oktober 2023

Sebanyak 169 penerima fasilitas Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) di Universitas Jember turut diwisuda pada upacara wisuda periode IV tahun akademik 2023/2024 di gedung Auditorium (14/10). Tidak sekedar diwisuda, semua lulusan tadi mencatatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,00 ! Dari data yang ada, para penerima KIP-K ini mendapatkan IPK tertinggi 3,99 dan terendah 3,20. Sehingga jika dirata-rata IPK mereka adalah 3,60.

Tentu saja data ini disambut gembira oleh Rektor Universitas Jember. Menurut Iwan Taruna, capaian ini menjadi salah satu indikator penyaluran KIP-K sudah tepat sasaran. Yakni diberikan kepada siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu. Kedua, fakta ini membuktikan keterbatasan ekonomi tidak menjadi penghalang bagi mereka yang mau berjuang keras untuk menuntut ilmu sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan derajat kehidupan.

Pidato wisuda oleh Rektor UNEJ.

 

“Pemerintah melalui Ditjen Dikti Kemendikbudristek terus berusaha memberikan fasilitas pendanaan bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Baik melalui KIP-K maupun skema-skema pendanaan lainnya. Begitu pula dengan pihak BUMN maupun swasta yang juga turut aktif menyalurkan beasiswa. Oleh karena itu saya berterima kasih atas dukungan semua pemangku kepentingan di Universitas Jember yang sudah turut menyukseskan pendidikan mahasiswa kami,” ungkap Iwan Taruna.

Rasa syukur telah menyelesaikan kuliah juga disampaikan oleh Annisya Choirun Ni’mah yang merupakan lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Annisya adalah salah satu penerima fasilitas KIP-K yang lulus dengan IPK 3,99. Putri kedua dari pasangan Muhid dan Komariah ini menyampaikan rasa terima kasih dapat menjalani kuliah di Universitas Jember dengan dukungan KIP-K. Menurutnya jika tanpa KIP-K maka belum tentu dirinya dapat meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

Annisya Choirun Ni’mah lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Annisya adalah salah satu penerima fasilitas KIP-K yang lulus dengan IPK 3,99.

 

“Bapak saya hanya petani kecil yang harus menyewa lahan untuk bertani. Karena keterbatasan ekonomi ini lah maka kakak saya hanya mampu bersekolah sampai tingkat Madrasah Tsanawiyah atau SMP saja. Jadi ketika saya duduk di SMAN Srengat Blitar ada kesempatan memperoleh fasilitas KIP-K maka saya mendaftar dan memilih Universitas Jember. Alhamdulillah dengan KIP-K ini mewujudkan cita-cita saya dan keluarga menjadi sarjana,” tutur anak kedua dari dua bersaudara ini.

Lulusan asal Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Blitar ini lantas membeberkan resep bisa lulus dengan raihan IPK yang bagus. “Saya berusaha belajar rutin sambil membuat prioritas mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dilakukan nanti. Satu lagi jangan telat mengumpulkan tugas sebab sebenarnya dari mengerjakan tugas dari dosen membuat  kita terus belajar,” kata gadis yang aktif juga di himpunan mahasiswa jurusan Agribisnis dan pernah menjabat sebagai sekertaris umum Keluarga Mahasiswa Penataran Blitar ini.

Pelantikan wisudawan periode IV UNEJ oleh Rektor

Pada wisuda periode IV ini, ada dua lulusan yang meraih IPK sempurna atau IPK 4,00. Mereka adalah Fidya Sari Kusuma Putri, ST., MT., dari Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik yang menjadi wisudawan peraih IPK tertinggi di jenjang S-2. Selanjutnya Putri Diah Suci Anggraini, SP., dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Sementara Diah Ayu Firli Wardhani, A.Md., dari Program Studi Diploma Tiga Usaha Perjalanan Wisata FISIP jadi peraih IPK tertinggi dengan IPK 3,88.

 

 

 

Berikut data jumlah wisudawan periode IV tahun akademik 2023/2024 di setiap fakultas ;

No Fakultas S 3 S 2 S1 S 0 Jumlah
1. Hukum 6 37 43
2. Ilmu Sosial Ilmu Politik 1 35 25 61
3. Pertanian 67 67
4. Ekonomi dan Bisnis 3 72 46 121
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2 148 150
6. Ilmu Budaya 58 58
7. Teknologi Pertanian 23 23
8. Kedokteran Gigi 38 38
9. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 37 37
10. Kedokteran 9 9
11. Kesehatan Masyarakat 26 26
12. Teknik 1 61 62
13. Farmasi 10 10
14. Keperawatan 24 24
15. Ilmu Komputer 21 21
16. Pascasarjana 0
  J U M L A H 13 666 71 750

(iim)

Skip to content