Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Sebulan Empat Kali Wisuda, Universitas Jember, Fasilitasi Mahasiswanya Lulus Tepat Waktu

Jember, 29 Oktober 2023

Bulan Oktober ini ada yang beda di kampus Universitas Jember. Betapa tidak, dalam sebulan ada empat kali pelaksanaan upacara wisuda ! Kejadian ini baru kali pertama dalam sejarah Universitas Jember, semenjak pemberlakuan kebijakan wisuda dilakukan setelah kuota wisudawan terpenuhi sebanyak 750 orang. Maka tercatat di bulan ini berturut-turut upacara wisuda periode III digelar pada tanggal 7 Oktober, upacara wisuda periode IV di tanggal 14 Oktober. Sementara upacara wisuda periode V dan VI dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu di tanggal 28 dan 29 Oktober 2023.

Dalam pidato wisudanya, Rektor bersyukur proses belajar mengajar di Universitas Jember berjalan dengan baik. Mulai dari perkuliahan, praktek, hingga penyusunan tugas akhir, ujian, pendaftaran wisuda dan akhirnya bermuara pada wisuda seperti hari ini (29/10). Oleh karena itu Universitas Jember terus berusaha memfasilitasi mahasiswanya yang ingin lulus tepat waktu, diantaranya dengan menggelar wisuda sesuai dengan pendaftar yang ada.

Rektor UNEJ menyampaikan pidato wisuda

“Pada tahun akademik 2022/2023 yang lalu kita melaksanakan wisuda sebanyak delapan kali. Tapi di tahun akademik 2023/2024 ini, di bulan Oktober 2023 saja sudah ada enam kali wisuda. Semua karena banyak mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus ingin diwisuda dan segera terjun ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yangh lebih tinggi. Jadi kami menggelar upacara wisuda hingga empat kali di bulan Oktober karena memang memenuhi keinginan mahasiswa,” kata Iwan Taruna.

Setiap kali upacara wisuda dilaksanakan, maka melibatkan banyak undangan sehingga tentu saja memerlukan persiapan yang matang. Terlebih melaksanakan upacara wisuda empat kali dalam sebulan, tentu memerlukan persiapan dan daya tahan yang prima bagi personil yang menjadi panitia. Mulai dari mereka yang bertugas sebagai penerima dan pengarah tamu, seksi perlengkapan, seksi upacara hingga seksi hiburan.

Peran mahasiswa PSTF FIB sebagai operator video dan foto sangat penting dalam setiap upacara wisuda di UNEJ

 

Seperti yang diungkapkan oleh Denny Antyo Hartanto, yang bertugas mengkoordinasikan petugas fotografi dan video. Menurut dosen di Program Studi Televisi dan Film ini, dirinya sempat kerepotan mencari mahasiswa yang akan diajak membantunya sebagai panitia wisuda. “Karena ada empat kali wisuda maka terpaksa harus lebih giat mencari mahasiswa, karena mereka tidak semuanya bisa selalu bertugas di setiap wisuda,” ungkap Denny.

Cerita lainnya datang dari Rokhmad Hidayanto yang terlihat sibuk mengawal anak buahnya di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) Universitas Jember. Tak mau mengecewakan hadirin, pria asal Ponorogo ini harus menyediakan banyak stok lagu untuk empat kali wisuda. Apalagi penampilan UKM PSM selalu ditunggu-tunggu oleh hadirin di setiap upacara wisuda.

Penampilan UKM PSM UNEJ yang selalu membuat upacara wisuda menjadi meriah

“Selama sebulan ini setiap malam kami berlatih. Mau nggak mau harus all out sebab sebulan ada empat kali wisuda. Jika hadirin dikasih lagu yang itu-itu saja maka akan bosan. Sisi positifnya kawan-kawan mahasiswa bisa berlatih spartan, cuman yah itu kami pontang panting mencari personil karena tidak semua mahasiswa anggota UKM PSM bisa selalu bertugas di setiap wisuda,” tutur pria yang akrab disapa Didung ini.

Tak heran jika dalam setiap kali wisuda, Rektor Universitas Jember selalu tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia yang terlibat. “Terima kasih atas kerja keras dan semangat gotong royongnya, sehingga setiap upacara wisuda bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ulasnya di wisuda periode VI yang digelar di gedung Auditorium (29/10).

Rektor dan WR I UNEJ berfoto bersama wisudawan peraih IPK tertinggi dari masing-masing fakultas

Pada upacara wisuda periode V ini diikuti oleh 749 peserta, diantaranya terdapat 153 wisudawan yang saat kuliah mendapatkan fasilitas beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP). Menurut Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Slamin, prestasi seluruhnya termasuk bagus jika diukur dari raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Tercatat IPK tertinggi diraih oleh adalah Meihilda Dona Pratiwi, S.P., dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dengan IPK 3,98 yang juga membuatnya dinobatkan sebagai peraih IPK tertinggi di jenjang sarjana (S1).

Sementara di jenjang doktoral (S3) ada Dr. Ilmiyah, S.Sos., M.Si., dari Program Studi S3 Ilmu Administrasi FISIP dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,53. Di jenjang magister ada Suwita Tri Prihani, S.T.P., M.P., dari Program Studi Magister Teknik Agroindustri Fakultas Teknologi Pertanian dengan catatan prestasi sempurna alias IPK 4,00. Selanjutnya lulusan Program Studi Diploma Usaha Perjalanan Wisata FISIP Aura Pramesti Maharani, A.Md., ditetapkan sebagai yang terbaik di jenjang diploma dengan IPK 3,71.

 

 

Berikut data jumlah wisudawan periode VI tahun akademik 2023/2024 di setiap fakultas ;

No Fakultas S 3 S 2 S1 S 0 Jumlah
1. Hukum 8 33 41
2. Ilmu Sosial Ilmu Politik 1 1 60  10 72
3. Pertanian 99 99
4. Ekonomi dan Bisnis 22 12 34
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7 110 117
6. Ilmu Budaya 3 13 16
7. Teknologi Pertanian 4 61 65
8. Kedokteran Gigi 8 8
9. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 2 40 42
10. Kedokteran 6 6
11. Teknik 5 136 141
12. Kesehatan Masyarakat 28 28
13. Farmasi 36 36
14. Keperawatan 29 29
15. Ilmu Komputer 14 14
16. Pascasarjana 1 1
  J U M L A H 1 31 695 22 749

(iim)

Skip to content