Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Rektor Universitas Jember : Skill Adalah Roh Lulusan Fakultas Keperawatan!

Jember, 2 November 2023
Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Jember menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Ners dan Ahli Madya Keperawatan periode II tahun 2023 di gedung Auditorium Kampus Tegalboto (2/11). Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember menekankan bahwa skill atau keterampilan adalah roh yang harus melekat pada setiap lulusan Fakultas Keperawatan. Oleh karena itu walaupun sudah lulus, hendaknya semua Ners dan Ahli Madya Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember terus meningkatkan kompetensi diri.

Tentunya penguasaan keterampilan tadi harus dilandasi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi. Selanjutnya sebagai anggota profesi perawat, hendaknya semua Ners dan Ahli Madya Keperawatan harus taat kepada kode etik perawat dan menjadi panutan dimana pun berada. Mengingat profesi perawat dibutuhkan semua orang, maka Rektor Universitas Jember menghimbau agar anak didiknya mau bertugas di seluruh pelosok nusantara. Termasuk mengambil kesempatan bekerja di luar negeri.

Rektor UNEJ memberikan sambutan

“Ketika berkunjung ke beberapa rumah sakit di Australia, saya melihat mayoritas perawat bukan warga Australia justru dari Filipina atau India. Saya yakin lulusan Fakultas Keperawatan kita juga mampu berkarier di luar negeri. Oleh karena itu persiapkan diri Anda dengan menguasai keilmuan keperawatan dan ilmu pendukung lainnya seperti kemampuan berbahasa asing dengan softskill lainnya. Serta ubah mindset yang menginginkan bekerja di Jember atau kota besar lainnya saja, jadi saat kesempatan berkarier di luar negeri tiba maka Anda siap meraihnya” ujar Iwan Taruna.

Sementara itu Dekan FKep, Rondhianto, menyampaikan bahwa upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Ners dan Ahli Madya Keperawatan periode II tahun 2023 diikuti oleh 319 peserta. Terdiri dari 98 lulusan Program Studi Profesi Ners, 120 lulusan Program Studi Diploma 3 Keperawatan Kampus Lumajang dan 101 lulusan Program Studi Diploma 3 Keperawatan Kampus Pasuruan.

Dekan FKep UNEJ Dr. Rondhianto, SKep Ners MKep

“Jumlah peserta upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Ners dan Ahli Madya Keperawatan periode II tahun 2023 ini adalah yang terbanyak dibandingkan kegiatan serupa sebelumnya. Alhamdulillah semua peserta memiliki IPK yang baik, bahkan lima belas orang meraih IPK sempurna atau IPK 4,00. Prestasi mereka juga berlanjut di Uji Kompetensi Perawat, seluruh Ners lulus seratus persen. Sementara untuk Ahli Madya Keperawatan angka kelulusannya mencapai sembilan puluh enam persen,” tutur Dekan FKep.

Tampil sebagai lulusan Ners terbaik adalah Amiruz Zamroni, S.Kep. Ners yang mencetak IPK 4,00. Disusul Deka Raudhoh Indrata Siswey, AMd. Kep., dengan IPK 3,96 dari Program Studi Diploma 3 Keperawatan Kampus Lumajang. Sementara itu dari Program Studi Diploma 3 Keperawatan Kampus Pasuruan ada Nurfadin Alhammuda, AMd.Kep yang meraih IPK 3,99.

Dekan FKep menyerahkan penghargaan kepada lulusan berprestasi

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Ners dan Ahli Madya Keperawatan periode II tahun 2023 dihadiri oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Wilayah Jawa Timur Prof. Nursalam beserta ketua PPNI Jember, Lumajang dan Pasuruan. Tampak juga perwakilan dari instansi kesehatan dan rumah sakit di wilayah Tapal Kuda yang menjadi lokasi praktek para mahasiswa Fkep Universitas Jember.

 

Para peserta juga mendapatkan tambahan ilmu dari alumnus FKep Universitas Jember, Dr. Resti Utami, S.Kep. Ners. M.Kep yang membawakan orasi ilmiah berjudul “Pengembangan Model Kesiapan Kepulangan Pasien dan Keluarga Berbasis IFSMT Dalam Meningkatkan Kemampuan Keluarga Bayi Berat Rendah”. Saat ini Dr. Resti Utami, S.Kep. Ners. M.Kep adalah dosen di Universitas Muhammadiyah Jember. (iim)

Skip to content