Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Peringati Bulan Kesehatan Gigi Nasional: FKG dan RSGM UNEJ Gandeng Unilever Pedulikan Kesehatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

Jember, 6 November 2023
Fakultas Kedokteran Gigi bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jember kembali bekerja sama secara tripartit dengan Unilever melalui brand Pepsodent menyelenggarakan peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023.

Pada tahun 2023 ini BKGN mengusung tema “Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat” secara khusus menarget pasien anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) yang nantinya akan mendapatkan perawatan gigi secara gratis.

drg. Zahara Meilawaty kala menyampaikan laporan panitia

Menurut ketua panitia sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Gigi, drg. Zahara Meilawaty selama 4 hari ke depan pada 6-9 November 2023 akan ada 3 program yang akan dilaksanakan. Pertama yaitu Free Dental Treatment dengan target 750 pasien, sampai dengan hari ini sudah terdaftar sebanyak 1.085 pasien dengan 300 pasien siswa sekolah, 10 siswa dari anak berkebutuhan khusus, dan 775 pasien umum dewasa. Program ini dilaksanakan secara paralel selama 3 hari bersamaan dengan program teledentistry yang memiliki sasaran target 200 pasien.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Sri Hernawati menjelaskan berdasarkan data Riskesdas (2018) disebutkan bahwa 88,8% penduduk Indonesia mengalami karies (gigi berlubang) dan 92,9% dialami oleh anak usia sekolah dasar. Kebiasaan tidak menyikat gigi secara teratur ini bisa terbawa hingga dewasa dan dapat memberi dampak pada kesehatan gigi tetapnya.

Prof. Sri Hernawati menyampaikan sambutan pada gelaran BKGN FKG UNEJ 2023

“Karies gigi juga ini sebenarnya bisa berdampak pada kesehatan secara umum seperti penyakit stroke yang dapat dipicu oleh bakteri yang ada di dalam mulut. Namun hal ini yang masih belum banyak disadari oleh masyarakat awam. Sehingga edukasi ini perlu dilakukan agar kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut akan tercapai pada nantinya.” imbuh Prof. Sri Hernawati sebelum meresmikan pembukaan BKGN 2023.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember serta dimeriahkan dengan tari sajojo dari siswa TK Ebqory Jember dan tari Wonderland dari mahasiswa FKG UNEJ. Usai pembukaan para mahasiswa calon dokter gigi dan mahasiswa koas FKG mendampingi adik-adik siswa TK untuk sosialisasi menyikat gigi yang baik dan benar.

Universitas Jember bekerja sama dengan Unilever

Lebih lanjut, pada hari terakhir yaitu 9 November 2023 nanti School Health Program akan dilaksanakan bekerja sama dengan 4 sekolah dasar di Jember, yaitu SDN Sumbersari 2 Jember, SDN Jember Lor 1, SDN Kepatihan 1, SD Al Baitul Amien 3, dan SLB Star Kid’s Jember. Target program ini adalah sebanyak 1.000 siswa sekolah dasar, dan jumlah siswa yang telah terdaftar sebanyak 1.652 siswa. (dil)

Skip to content