Universitas Jember Sosialisasikan Teknis Abdidaya PPK Ormawa 2023

Jember, 13 November 2023
Universitas Jember telah ditunjuk Ditjen Dikti Kemendikbudristek sebagai tuan rumah ajang Abdi Daya Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023. Ajang penghargaan tertinggi bagi mahasiswa Indonesia yang melaksanakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat. Sesuai jadwal, Abdi Daya PPK Ormawa 2023 akan digelar pada tanggal 7 hingga 10 Desember 2023 di kampus Tegalboto.

Oleh karena itu Universitas Jember terus berusaha berbenah. Apalagi pelaksanaan Abdi Daya PPK Ormawa makin dekat. Seperti yang dilakukan pada hari Sabtu lalu (11/11) dengan menggelar rapat teknis Abdi Daya Ormawa 2023 di aula lantai II gedung Rektorat dr R. Achmad. Rapat teknis dilaksanakan secara hibrida dengan melibatkan tim PPK Ormawa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemedikbudristek yang dipimpin langsung oleh direkturnya, Prof. Sri Suning Kusumawardhani.

Jembara, maskot ajang Abdi Daya PPK Ormawa yang akan digelar di kampus UNEJ 7-10 Desember 2023

Dalam rapat, Wakil Rektor I bidang Akademik Universitas Jember menjelaskan berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh Universitas Jember. Diantaranya telah menyusun perencanaan dan agenda kegiatan serta mempersiapkan fasilitas dan pendukung lainnya. Termasuk sudah merekrut dan melatih 75 mahasiswa sebagai nara damping atau Liaison Officer. Para nara damping inilah yang nanti akan membantu peserta mulai dari proses menuju ke Jember hingga nantinya kembali ke kota masing-masing.

“Alhamdulillah, Universitas Jember ditetapkan sebagai tuan rumah Abdi Daya PPK Ormawa 2023 oleh Ditjen Dikti Kemendikbudrsitek. Kepercayaan ini akan kami jaga dan laksanakan dengan baik. Caranya dengan memberikan layanan terbaik bagi semua peserta. Menuju ke Jember memang butuh usaha ekstra, namun jangan khawatir semua peserta bakal mendapatkan pengalaman yang istimewa selama di Jember,” janji Prof. Slamin kepada semua kontingen peserta Abdi Daya PPK Ormawa yang mengikuti kegiatan secara daring.

Bentuk kesiapan tersebut diantaranya mempersiapkan semua venue dan fasilitas pendukung, posko informasi hingga aplikasi Abdi Daya PPK Ormawa 2023 yang bakal memudahkan peserta. Selama berada di kampus Universitas Jember, semua peserta diajak menikmati kehijauan kampus Tegalboto diantaranya dengan adanya fasilitas sepeda untuk memudahkan mobilitas sembari berolah raga. Bahkan panitia sudah menyiapkan logo, maskot hingga lagu tema untuk Abdi Daya PPK Ormawa 2023.

“Kami pilih macan raung sebagai maskot Abdi Daya PPK Ormawa 2023. Namanya Jembara, dan nama panggilannya Bara. Dengan oblang dan batik khas Jember, kami harapkan si Bara juga bakal mempopulerkan Jember kepada seluruh peserta. Bahkan di akhir perhelatan kami menyiapkan kegiatan city tour berkeliling menikmati keindahan Jember,” jelas Markus Apriono, Ketua Pelaksana Abdi Daya Ormawa 2023.

Kesiapan Universitas Jember sebagai tuan rumah ajang Abdi Daya PPK Ormawa 2023 disambut gembira oleh Prof. Sri Suning Kusumawardhani. Menurutnya persiapan sudah baik untuk menyambut 78 PTN dan PTS yang akan mengirimkan 160 tim yang didampingi 60 dosen pendamping. “Ada 16 tema pengabdian dan pemberdayaan masyarakat desa yang dipertandingkan. Mulai tema kewirausahaan, desa wisata hingga desa ramah perempuan. Semoga persiapan berjalan dengan baik dan selamat berjumpa di Universitas Jember,” kata Prof. Sri Suning Kusumawardhani. (iim)

Skip to content