Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Universitas Jember Siap Sambut Peserta Abdidaya PPK Ormawa Tahun 2023

Jember, 6 Desember 2023
Universitas Jember siap menyambut peserta ajang Abdidaya Program Penguatan Kompetensi Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor I bidang Akademik Universitas Jember yang menjadi ketua panitia, Prof. Slamin, di sela-sela persiapan di kampus Tegalboto (6/12). Direncanakan ada 160 tim dengan 1.200 peserta yang terdiri dari mahasiswa beserta dosen pembimbing dari PTN/PTS se-Indonesia yang akan hadir di Kampus Tegalboto dari tanggal 7 hingga 9 Desember 2023.

“Alhamdulillah, semua persiapan sudah selesai dan kami siap menyambut peserta Abdidaya PPK Ormawa tahun 2023. Tahapan saat ini adalah mempersiapkan pelaksanaan registrasi bagi peserta yang dimulai hari Kamis. Bahkan jika diminta kami bisa menyediakan layanan penjemputan khusus bagi peserta yang mendarat di lapangan udara Blimbingsari Banyuwangi,” jelas Prof. Slamin.

Persiapan juga ditunjukkan dengan pengarahan bagi nara damping atau yang biasa dikenal sebagai Liaison Officer (LO). Panitia telah merekrut 75 orang mahasiswa sebagai nara damping yang akan membantu peserta selama berada di Kampus Tegalboto. Mereka dipilih dan diseleksi dari semua fakultas yang ada dengan rincian setiap fakultas diwakili lima mahasiswa.


“Setiap nara damping wajib mengetahui kondisi dan pergerakan tim yang didampinginya. Mulai dari keberangkatan, kedatangan hingga nanti meninggalkan Kampus Tegalboto. Kami ingin memberikan layanan prima agar peserta dapat fokus mengikuti seluruh rangkaian Abdidaya PPK Ormawa,” ujat Markus Apriantono, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis saat memberikan pengarahan bagi nara damping di Gedung Kewirausahaan (6/12).

Nantinya setiap tim akan mempresentasikan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan baik dalam bentuk presentasi maupun poster dan video. Peserta juga akan mengikuti kegiatan pendukung seperti sarasehan dan lokakarya. Ada juga panggung kreativitas hingga bazaar UMKM Jember. Panitia juga mengundang pihak mitra seperti lembaga negara, BUMN hingga perusahaan swasta yang sudah mendukung jalannya PPK Ormawa selama ini.

Kesiapan Universitas Jember sebagai tuan rumah ajang Abdi Daya PPK Ormawa 2023 disambut gembira oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Prof. Sri Suning Kusumawardhani. Menurutnya persiapan sudah baik untuk menyambut 78 PTN dan PTS yang akan mengirimkan 160 tim yang didampingi 60 dosen pendamping. “Ada 16 tema pengabdian dan pemberdayaan masyarakat desa yang dipertandingkan. Mulai tema kewirausahaan, desa wisata hingga desa ramah perempuan. Selamat berjumpa di Universitas Jember,” kata Prof. Sri Suning Kusumawardhani.

Mahasiswa UNEJ yang bertugas sebagai LO di ajang Abdidaya PPK Ormawa 2023 temgah mendapatkan pengarahan dari WD III FEB selaku ketua pelaksana

Sebagai informasi, Universitas Jember menempatkan delapan tim dalam babak final Abdi Daya PPK Ormawa 2023. Jumlah ini menjadikan Universitas Jember sebagai perguruan tinggi ke dua se-Indonesia yang paling banyak meloloskan tim peserta setelah Insitut Pertanian Bogor (IPB) University yang berada di peringkat pertama dengan sembilan tim. (iim)

Skip to content