Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Pilih Program Studi dan PTN Bak Pilih Jodoh, Harus Pertimbangkan Banyak Faktor !

Jember, 19 Januari 2024
Memilih sebuah program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukanlah hal yang sederhana, banyak faktor yang harus dipertimbangkan, banyak pula pihak yang dilibatkan. Jika keliru memilih, maka konsekuensinya bisa berkepanjangan. Tak heran jika calon peserta Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, harus memikirkan masak-masak pilihan program studi dan PTN yang akan dipilih. Bak memilih jodoh.

Apalagi saat ini panitia pusat SNMPTN 2024 memberlakukan aturan tegas, siswa yang diterima di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tidak bisa mendaftarkan diri di jalur mandiri. Artinya jika diterima di PTN, maka wajib mendaftar ulang. Himbauan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Kerja Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto di hadapan siswa, guru dan orang tua kala menjadi pembicara dalam kegiatan Campus Expo 2024 yang digelar oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Surabaya di gedung DBL Arena, Surabaya (18/1).

Wakatimja Humas UNEJ memberikan penjelasan mengenai bagaimana memilih PTN

“Maka persis seperti orang cari jodoh yah, harus yakin memilih program studi apa dan di PTN mana. Sebab akan menentukan jalan Anda berikutnya dalam menempuh masa depan. Tentu kebijakan ini diterapkan supaya lebih banyak anak bangsa yang berkesempatan melanjutkan studi ke perguruan tinggi,” ucap Rokhmad Hidayanto dengan serius. Hari itu panitia MGBK Surabaya mengundang perwakilan PTN dan PTS di Jawa Timur untuk ikut serta dalam kegiatan tahunan ini. Terdapat 40 peserta termasuk perwakilan Universitas Jember.

Lebih lanjut Rokhmad Hidayanto menyarankan agar siswa selalu berkonsultasi dengan pihak sekolah melalui guru BK dalam memilih program studi dan PTN mengingat mengetahui rekam jejak akademis siswanya. Diskusi juga wajib dilakukan bersama orang tua mengingat restu dan dukungan orang tua sangatlah penting. Melangkah ke dunia kampus bak memulai hidup baru dalam tahapan kehidupan seseorang.

Kacabdin Pendidikan Wilayah Surabaya-Sidoarjo, Lutfi Isa Anshori membuka kegiatan Campus Expo 2024 yang digelar oleh MGBK Surabaya

Faktor yang patut diperhitungkan dalam memilih sebuah program studi diantaranya faktor internal dari siswa, semisal passion, cita-cita, dan keinginan akan meraih apa di masa depan. Sementara faktor eksternal seperti akreditasi, keunggulan dan fasilitas yang dimiliki oleh pihak kampus. Mengingat siswa akan menghabiskan empat tahun ke depan di kampus, maka pemilihan kampus yang sesuai dengan minat dan bakat siswa menjadi penting. Faktor dalam memilih sebuah kampus bukan saja berdasarkan oleh kinerja dan prestasinya, namun juga sistem pendukung seperti kondisi sosial ekonomi masyarakat dan lingkungan yang baik yang akan mendukung keberhasilan studi mahasiswa.

“Misalnya saja Jember lokasi kami berada dikenal sebagai wilayah yang religius, memiliki kehidupan kreatif yang baik, perpaduan berbagai budaya hingga biaya hidup yang sangat terjangkau. Mengingat berdasarkan survey biaya hidup tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik, kota Jember menempati peringkat kesembilan sebagai kota dengan biaya hidup terendah. Faktor-faktor tersebut bisa menjadi contoh dalam memilih PTN,” jelas Rokhmad Hidayanto.

Booth UNEJ ramai dikunjungi oleh siswa pada saat Campus Expo 2024 yang digelar oleh MGBK Surabaya

Berbagai informasi dan penjelasan terkait SNPMB 2024 oleh PTN disambut baik oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Surabaya dan Sidoarjo, Lutfi Isa Ansori seperti yang disampaikan saat membuka kegiatan Campus Expo 2024. Menurutnya kegiatan Campus Expo seperti ini sangat penting dalam rangka memberikan informasi sekaligus membuka wawasan siswa akan proses dan tahapan SNPMB 2024 serta penjelasan terkini kondisi perguruan tinggi yang ada.

“Maka peran guru BK dan MGBK sangat strategis karena menjadi pemandu siswa melangkah ke dunia perguruan tinggi. Bagi siswa, manfaatkan Campus Expo 2024 untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari sumbernya langsung,” kata Lutfi Isa Anshori.

Selain menyajikan penjelasan dari masing-masing perwakilan PTN dan PTS peserta, pengunjung Campus Expo 2024 bisa berkonsultasi di booth masing-masing perguruan tinggi. Seperti yang disampaikan staf Humas Universitas Jember, Fadilah Nashiri. Menurutnya banyak siswa yang masih menanyakan apakah PTN mengeluarkan passing grade sebuah program studi? Sementara terkait pilihan program studi, masih berkutat di program studi favorit seperti Fakultas Kedokteran dan program studi di rumpun kesehatan di Universitas Jember. (iim)

Skip to content