Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Tahapan Pembuatan Akun SNPMB 2024 Telah Dibuka !

Jember, 8 Januari 2024
Pendaftaran mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sudah dimulai. Seperti tahun-tahun sebelumnya ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka secara nasional, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kedua jalur tersebut mewajibkan pendaftarnya membuat akun SNPMB 2024 yang tahapan pembuatannya dibuka mulai tanggal 8 Januari hingga 15 Februari 2024.
Pembuatan akun SNPMB 2024 sangat penting, mengingat tanpa akun tersebut maka siswa tidak bisa mendaftarkan diri baik di jalur SNBP maupun SNBT. Kewajiban ini juga berlaku bagi siswa lulusan tahun 2023 dan 2022 atau siswa gap year  yang akan mencoba mengikuti jalur SNBT tahun ini. Kewajiban membuat akun juga berlaku bagi sekolah yang siswanya akan mendaftarkan diri melalui jalur SNBP 2024. Informasi ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Jember di Kampus Tegalboto (8/1).
“Saya berharap siswa yang berminat kuliah di PTN segera membuat akun sebab akun tadi  menjadi kunci untuk mendaftarkan melalui jalur SNBP maupun SNBT. Jangan sampai siswa gagal mendaftarkan diri hanya gara-gara telat bikin akun. Oleh karena itu saya menghimbau semua pihak mendukung suksesnya SNPMB 2024 dengan cara memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk mengakses semua tahapan pendaftaran SNBP dan SNBT. Terutama dari pihak sekolah, yayasan atau pengelola sekolah swasta dan juga orang tua,” himbau Iwan Taruna.
Saat ini jalur penerimaan mahasiswa baru yang sudah dibuka adalah jalur SNBP. Sementara tahapan lanjutan dari proses pendaftaran jalur SNBP adalah pengisian data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah dari tanggal 9 Januari hingga 9 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan dengan siswa memilih program studi yang diminati dari 14 Februari hingga 28 Februari 2024. Sementara pengumuman hasil SNBP di tanggal 26 Maret 2024 nanti.
“Setiap peserta SNBP bisa memilih dua program studi baik di PTN akademik maupun PTN vokasi. Namun perlu diingat, siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNBP maka tidak bisa mendaftarkan diri melalui jalur SNBT maupun jalur mandiri yang digelar oleh masing-masing PTN. Maka, pertimbangkan masak-masak pemilihan program studi sesuai dengan minat dan bakat,” imbuh Iwan Taruna.  (iim)
Skip to content