Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Tak Bikin Akun SNPMB 2024, Peluang Kuliah di PTN Bakal Lepas !

Jember, 12 Februari 2024
Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 sudah menetapkan batas akhir pembuatan akun SNPMB bagi siswa adalah tanggal 14 Februari 2024. Pembuatan akun tersebut penting, sebab menjadi kunci bagi siswa untuk mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Oleh karena itu bagi siswa yang belum membuat akun SNPMB diharapkan segera membuat akun. Pasalnya jika telat, maka peluang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bakal lepas.

Peringatan ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Jember, Prof. Slamin di kampus Tegalboto (12/2). Menurutnya dari data Panitia Pusat SNPMB 2024, hingga 28 Januari 2024 lalu terdapat 1,1 juta siswa yang sudah memiliki akun. Jumlah ini tentu masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah siswa SMA, SMK dan MA yang akan lulus di tahun ini yang sejumlah 3,1 juta siswa.

Kegiatan Sosialisasi SNPMB 2024 oleh UNEJ bagi guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Situbondo (6/2)

“Mumpung masih ada waktu, segera bikin akun SNPMB 2024 ! Sementara deadline pendaftaran adalah tanggal 14 Februari 2024 jam tiga sore ! Perlu diingat tanpa akun SNPMB maka peluang kuliah di PTN bakal lepas baik di jalur SNBP maupun SNBT. Apalagi saat ini untuk mengikuti ujian mandiri pun sudah ada PTN yang menjadikan nilai UTBK SNBT sebagai syarat pendaftarannya. Jadi tunggu apa lagi, segera bikin akun SNPMB,” kata Prof. Slamin.

Himbauan senada juga datang dari Wakil Ketua Tim kerja Humas Universitas Jember, namun kali ini terkait pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Menurutnya, bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu, maka pemerintah melalui Kemdikbudristek menyediakan beasiswa KIP-K. Syaratnya sudah mendaftarkan diri dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Untuk informasi dan pendaftaran dilakukan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Kegiatan Sosialisasi SNPMB 2024 oleh UNEJ bagi guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Pasuruan (7/2)

“Pendaftaran KIP-K untuk jalur SNBP dibuka mulai tanggal 14 Februari nanti. Perlu diingat bagi siswa yang akan mengajukan KIP-K, wajib menyelesaikan dulu proses pendaftaran KIP-K nya hingga mendapatkan kartu calon penerima KIP-K, baru mendaftarkan diri di jalur SNBP. Proses ini wajib diikuti dan jangan sampai terbalik, daftar jalur SNBP baru mendaftarkan diri di laman KIP-K,” ungkap Rokhmad Hidayanto dengan nada serius.

Sebagai informasi, pendaftaran jalur SNBP dimulai tanggal 14 Februari hingga 28 Ferbuari 2024. Sementara pengumuman dikeluarkan pada 26 Maret 2024. Di jalur SNBP 2024 Universitas Jember menyediakan 2.235 kursi di 72 program studi, mulai jenjang diploma 3, sarjana terapan dan sarjana. (iim)

Skip to content