Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Universitas Jember Gelar Program Management Trainee: Mukti Group Goes to Campus

Jember, 26 Januari 2024

Universitas Jember melalui UPA (Unit Penunjang Akademik) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan terus berusaha maksimal mempersiapkan lulusannya agar siap memasuki dunia kerja dengan menggelar program Management Trainee Pelatihan Asisten Mukti Plantation yang diberi tajuk Mukti Group Goes to Campus.

Mukti Plantation sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang sedang berkembang berupaya untuk mendapatkan tenaga kerja profesional sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Kebutuhan tenaga kerja professional pada perkebunan kelapa sawit dari tahun ke tahun semakin meningkat, bukan hanya untuk asisten lapangan, melainkan juga asisten pabrik dan asisten administrasi.

Hal itulah yang membuat banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit berlomba lomba untuk mendapatkan tenaga kerja terbaik dalam upaya meningkatkan produktivitas perusahaannya. Pelatihan Asisten Mukti Plantation kali ini telah memasuki Batch VI, dimana setiap tahunnya perusahaan melakukan open recruitment bekerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di tanah air salah satunya yaitu Universitas Jember.

Sesi Leaderless Group Discussion (LGD) di Gedung Kewirausahaan Universitas Jember

“Mukti Plantation telah melakukan serangkaian proses recruitment bagi seluruh lulusan S1 dan D3 di wilayah Jember yang dipusatkan di Gedung Kewirausahaan Universitas Jember. Dari 136 peserta yang melamar, setelah melalui seleksi administrasi terdapat 55 peserta yang dinyatakan lulus dan berhak lanjut ke sesi psikotest. Sesi Psikotes sendiri sudah dilakukan secara online pada 16 Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 28 orang. Selanjutnya pada tanggal 22 Januari s/d 25 Januari ke 28 Peserta tersebut akan mengikuti serangkaian proses recruitment mulai dari sesi LGD (Leaderless Group Discussion) Interview HR, Interview User dan Medical Check Up.” demikian ungkap Rokhani, kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember yang juga dosen Fakultas Pertanian.

Sesi LGD (22/01) dilaksanakan dengan pembagian beberapa kelompok. Pada sesi ini setiap kelompok diberikan sebuah tema yang harus didiskusikan dan dianalisa bersama, dan masing masing peserta diminta untuk menyampaikan tanggapan dan opininya terkait tema tersebut. Terdapat 15 orang peserta LGD yang dinyatakan lulus dan berhak lanjut ke tahap berikutnya yaitu sesi interview HR pada Selasa, 23 Januari 2024.

Selasa, 23 Januari 2024 merupakan sesi Interview HR dimana masing-masing peserta akan diinterview langsung oleh Tim HR Mukti Plantation, dimana dari 15 peserta terdapat 9 peserta yang dinyatakan lulus dan berhak lanjut ke tahap berikutnya yaitu sesi interview user pada Rabu dan Kamis, 24-25 Januari 2024. Sesi Interview User selama 2 hari yang dilakukan langsung oleh Tim Operasional Mukti Plantation yaitu Engineering Manager, Estate Manager hingga Direktur Operasional dimana dari 9 peserta yang diundang terdapat 8 Peserta yang hadir pada sesi ini.

 

Foto Sesi Interview HR Mukti Plantation

Setelah seluruh rangkaian proses recruitment dilakukan, maka pada Kamis 25 Januari 2024 diumumkan bahwa terdapat 5 orang peserta yang dinyatakan lulus dan berhak lanjut ke tahapan akhir yaitu Medical Check Up yang akan diadakan pada Sabtu, 27 Januari 2024. Kelima kandidat tersebut adalah: (1) Ferdi Zul Fandri Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian UNEJ 2023; (2) Tio Vani Rosadi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNEJ 2022; (3) Dhimas Rhico Wisnu Ramadhan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ 2022; (4) Ahmad Reza Pahlevy Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Jember 2022; (5) Mita Aisa Ramadhani Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ 2022.

Dengan demikian apabila kelima peserta tersebut dinyatakan lulus Medical Check Up, maka kelimanya akan diterima sebagai peserta Program Management Trainee Pelatihan Asisten Mukti Plantation Batch VI.

Foto bersama setelah seluruh rangkaian proses recruitment dilakukan
Skip to content