UNEJ Lahirkan 68 Insan Profesi Ners, Beretika Keperawatan

Jember, 21 April 2024

Fakultas Keperawatan Universitas Jember lakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Profesi Ners Periode III Tahun Akademik 2023/2024, di Gedung Soetardjo Universitas Jember pada Sabtu (20/04/2024). Pengambilan sumpah dan pelantikan profesi ners dilakukan oleh Dekan Fakultas Keperawatan UNEJ Rondhianto dan disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 68 mahasiswa Fakultas Keperawatan mengikuti pengucapan ikrar sumpah profesi. Seluruh calon ners mengucapkan sumpah dan janji serta menandatangani berita acara penyumpahan didampingi oleh rohaniawan islam dan kristen. Seluruhnya secara resmi menyandang gelar ners ditandai dengan penyematan tanda keanggotaan organisasi profesi dan penyerahan surat pernyataan telah mengucapkan sumpah perawat serta kode etik keperawatan oleh ketua DPD PPNI Kabupaten Jember.

Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Jember, Prof. Slamin dalam sambutannya menyampaikan pesan dan harapannya terhadap para lulusan Profesi Ners untuk tidak memandang status sosial dan membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Drs, Slamin,. M.Comp.Sc.,Ph.D. Saat menyampaikan sambutannya

“Sebagai seorang perawat, kewajiban utama adalah memberikan pelayanan merawat yang adil, tanpa memandang status sosial, ekonomi, agama, ras, atau politik dari setiap individu yang membutuhkan perawatan untuk memastikan kesejahteraan dan kesembuhan pasien.” ungkapnya

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Timur Prof. Nursalam dalam sambutannya menyampaikan pesan untuk senantiasa menerapkan nilai-nilai keperawatan yang telah didapat sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas, mengambil inisiatif dengan tindakan yang tepat, menjalin interaksi yang baik, bertindak dengan jujur, dan tetap setia pada tugasnya.

“Bagaimana nilai-nilai keperawatan kita seperti integritas, inisiatif, interaksi, jujur, dan kesetiaan menjadi garda saudara sehingga kegaduhan-kegaduhan yang terjadi di luaran sana tidak mempengaruhi komitmen saudara untuk tetap utuh dan bersatu.” tegasnya.

Ketua PPNI Jawa Timur, Prof. Dr. Nursalam’M.Nurs. Saat menyampaikan sambutannya

Ia juga menyampaikan bahwa sumpah yang telah diikrarkan bukan semata-mata seremonial saja, melainkan merupakan wujud nyata dari tanggung jawab dan janji di hadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk mengamalkan ilmu yang dimiliki guna menolong sesama dan membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Semoga para ners baru dapat mengamalkan ilmu keterampilan tentang etika keperawatan untuk bersama, senantiasa mendukung terwujudnya kualitas asuhan keperawatan yang optimal dan dapat dipertanggung jawabkan dihadapan tuhan yang maha esa.” tutupnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Jember, Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan jajarannya, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD), PPNI Kabupaten Jember, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Keperawatan Universitas Jember, serta tentunya orang tua dari mahasiswa yang diambil sumpahnya. (nil)

Skip to content