Working In Harmony Nurturing The Future

Calon Lulusan Universitas Jember Dibekali Perencanaan Karir

Jember, 24 Agustus 2022
Guna mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja, Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menggelar kegiatan pelatihan persiapan karir (24/8). Kegiatan bertema “Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja” ini diharapkan dapat meningkatkan seluruh potensi yang dimiliki oleh mahasiswa yang akan lulus, sehingga nantinya mampu bersaing mendapatkan kerja. Kegiatan diikuti oleh 168 peserta dari berbagai fakultas dengan menghadirkan motivator nasional Titis Tata.

Sekertaris I LP3M UNEJ, Tantut Sutanto (tengah) membuka kegiatan didampingi Ketua Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni LP3M, Rokhani (kedua dari kanan)

Dalam presentasinya, Titis Tata mengajak mahasiswa yang hadir di aula lantai 5 gedung R. Soedjarwo Universitas Jember agar merencanakan karir mulai saat ini. Pasalnya perencanaan karir sejak dini meningkatkan peluang kesuksesan, menciptakan panduan jangka panjang, serta melatih kemandirian. Dengan adanya perencanaan karir maka mahasiswa dapat memulai aksi bahkan sebelum dinyatakan lulus. Perencanaan karir yang baik harus berlandaskan nilai dari agama, norma, basis keilmuan yang dimiliki, ketrampilan serta sikap.

Titis Tata menyampaikan materi

“Lantas bagaimana memulai perencanaan karir? Pertama dengan mengeksplorasi diri, apa yang menjadi kekuatan, minat bahkan kelemahan kita. Kedua riset mengenai profesi atau indutri yang ingin kita tekuni. Ketiga cari tahu bagaimana atau kebutuhan apa saja yang harus disiapkan untuk masuk ke profesi tersebut, jika perlu tanya ke mereka yang sudah pakar. Atau mungkin Anda kepingin berwirausaha? Lantas buat rencana jangka pendek yang siap dijalankan setelah kuliah Anda lulus. Pembuatan perencanaan karir ini tidak hanya bagi mereka yang ingin bekerja saja, namun juga bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar Titis Tata yang sukses memimpin beragam usaha ini.

Sementara itu Kepala Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni LP3M Universitas Jember, Rokhani menjelaskan, pihaknya terus berusaha memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai pelatihan, konsultasi hingga menggelar job fair agar lulusan Universitas Jember mendapatkan pekerjaan layak sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. “Ada tiga tujuan utama yang ingin kami capai dengan pelatihan persiapan karir hari ini yakni meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perencanaan karir, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan personal branding serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan komunikasi yang efektif,” jelas Rokhani.

Titis Tata menyampaikan materi

Selain membimbing mahasiswa Universitas Jember dalam menyusun perencanaan karir, Titis Tata juga mengajarkan cara membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae yang menarik. Bahkan peraih “Indonesia Women Achievers Awards Winner 2018” dari Menteri Pemberdayaan Perempuan & Anak RI ini juga mengajak mahasiswa Universitas Jember yang ingin bekerja untuk bergabung dengan dua perusahaan yang dipimpinnya tanpa harus menunggu wisuda. Untuk diketahui kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris I LP3M, Tantut Sutanto. (iim)