• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

~ update setiap hari ~

Fakultas Teknik Adakan Seminar Nasional SISTEM 2017

Jember, 11 November 2017

         Fakultas Teknik Universitas Jember gelar seminar nasional dengan tema “Inovasi Penemuan Terbaru di Bidang Keteknikan”, hari Sabtu (11/11). Seminar dilaksanakan di dua tempat yaitu di gedung  RM. Lestari dan Kampus Fakultas Teknik dengan diikuti oleh 462 peserta. Seminar menghadirkan tiga keynote speaker yaitu Djoko Ari Wibowo, Consultant Drilling Supervisor Petronas Carigali Indonesia, Prof. Dr. Ir. Anne Zulfia, M.Sc., dosen Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dan Prof. Dr. Ir. Buana Ma’ruf, M.Sc., MM, MRINA, Kepala Program Inovasi Teknologi Industri Perkapalan, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT).

      Dalam pemaparannya, Djoko Ari Wibowo banyak memberikan pengalamannya selama menjadi seorang supervisor, khususnya supervisor pengeboran minyak. “Seorang supervisor bertanggung jawab atas pengawasan dan pelaksanaan program agar sebuah operasi pengeboran dapat berlangsung dengan  baik, dan memastikan bahwa semua operasi yang baik dilakukan secara aman dan efisien, sesuai dengan persyaratan kebijakan perusahaan dan peraturan perundang-undangan Negara,” jelasnya dihadapan peserta yang umumnya adalah mahasiswa.

        Pembicara kedua, Prof. Buana Ma’ruf menyoroti kondisi galangan kapal saat ini yang masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya adalah rendahnya produktivitas. Sebagai Kepala Program Inovasi Teknologi Industri Perkapalan Industri, rendahnya produktivitas membuat sulit bersaing di pasar global, padahal Indonesia memiliki banyak ahli dan teknisi perkapalan yang mumpuni.  “Untuk mempercepat daya saing dan kemandirian, industri kemaritiman nasional perlu strategi dan kebijakan yang terintegrasi, meliputi standarisasi kapal baru produksi dalam negeri, modernisasi dan klasterisasi galangan, inovasi rancang bangun, dan dukungan sistem pendanaan yang kompetitif,” jelasnya.

          Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Salahuddin Junus, S.T., M.T berharap kegiatan ini menjadi wahana sharing diantara peserta dan para peneliti, sehingga diharapkan bisa menemukan suatu formula untuk kemajuan keteknik mesinan. Fakultas Teknik Mesin Universitas Jember sendiri saat ini sudah berhasil menemukan berbagai inovasi, seperti inovasi mobil irit dan mobil listrik. Seminar nasional ini merupakan acara tahunan yang kedua oleh Fakultas Teknik, dimana yang pertama diadakan pada tahun lalu dengan tema Kemandirian dan Inovasi.

        Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember Dr. Ir. Entin Hidayah, M.UM, yang dalam sambutannya berharap seminar nasional menjadi sarana menjalin kerjasama berbagai bidang di dalam disiplin ilmu Teknik.  “Alhadmulillah Fakultas Teknik Universitas Jember makin berkembang, jika saat ini sudah ada Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan Teknik Kimia, tahun depan kami berencana membuka Program Studi baru yaitu Struktur Perkapalan, Perminyakan dan Teknik Lingkungan agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mampu bersaing di dunia global di bidang keteknikan,” pungkasnya. (dian)