WA dari Ceko (2)
Gelar Djoempa Pemoeda 2.0., Peringatan Sumpah Pemuda di Olomouc, Ceko

Ceko_UNEJ

Jember, 11 November 2022
Universitas Jember mengirimkan tiga mahasiswanya dalam program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2022. Program IISMA adalah salah satu program dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang memfasilitasi mahasiswa berprestasi merasakan kuliah di luar negeri. Mereka adalah Ajeng Gendis Purborini yang kuliah di University of Warsaw, Polandia. Rizky Soraya yang terbang ke Ceko guna kuliah di Palacky University, Olomouc, serta M. Abdul Aziz Farhan yang kini berada di Spanyol, tepatnya kuliah di University of Granada.

Para mahasiswa Indonesia yang mendapatkan kesempatan kuliah di Palacky University di kota Olomouc menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan yang diberi tajuk Djoempa Pemoeda2.0. ini diisi dengan berbagai kegiatan yang intinya menampilkan budaya Indonesia. Berikut cerita Rizky berkegiatan di kampusnya yang disampaikan kepada Humas Universitas Jember melalui aplikasi What Apps.

Setelah berhasil mempromosikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui kegiatan Batik Challenge, 20 awardees Indonesia peserta IISMA di Palacký University Olomouc melanjutkan misi perkenalan budaya Indonesia melalui acara Djoempa Pemoeda 2.0. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini digelar pada 17 Oktober 2022 di kampus setempat. Mengapa di memilih tanggal 17 Oktober 2022 ?

Jawabannya karena setiap tanggal 17 Oktober, masyarakat Ceko memperingatinya sebagai Hari Pahlawan Nasional. Jadi suasana meriah sudah terlihat di kampus. Ternyata Ceko dan Indonesia sama memiliki peringatan Hari Pahlawan, bedanya di Indonesia diperingati pada setiap tanggal 10 November. Kawan-kawan mahasiswa Indonesia mengundang beragam hadirin, termasuk František Kratochvíl, MA, Ph.D. selaku Dekan Departemen Studi Asia, dan Bc. Musokhib, warga Indonesia yang kini menjadi dosen Bahasa dan Budaya Indonesia. Kami juga mengundang seluruh mahasiswa Palacky University Olomouc dari Jurusan Studi Indonesia, dan seluruh mahasiswa internasional Palacky University Olomouc lainnya.

Djoempa Pemoeda 2.0. dibuka dengan suguhan minuman selamat datang dan oleh-oleh tradisional Indonesia kepada para pengunjung. Dilanjutkan dengan rangkaian beragam acara yang mencerminkan dan mempromosikan Indonesia, seperti presentasi budaya Indonesia yang bertajuk “A Glimpse of Indonesia”. Diantara unjuk kebolehan adalah pertunjukan lagu nasional dan tradisional yang dibawakan oleh rekan-rekan, ada lagu Tanah Airku dan Manuk Dadali. Kami juga berkesempatan untuk mempertontonkan salah satu tarian daerah Indonesia, yaitu tari Balean Dadas, di panggung internasional di kampus Palacky University Olomouc.

Misi kami dalam penyelenggaraan acara ini adalah memberikan kesempatan warga dan mahasiswa Ceko untuk mempelajari budaya Indonesia dalam sudut pandang yang berbeda. Serta menjadi sarana untuk mengembangkan hubungan kerjasama internasional kami di Palacký University Olomouc. Dengan lebih dari 60 pengunjung yang hadir malam itu, Djoempa Pemoeda 2.0 dapat terbilang sukses membawa cita rasa Indonesia ke kancah internasional. “Saya menonton acara ini dari awal hingga akhir, pertunjukannya sangat keren, dan saya senang datang ke acara ini. Kalian harus mengadakan acara seperti ini lagi di masa depan,” kata František Kratochvíl.

Melalui Djoempa Pemoeda 2.0., kami memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus Hari Pahlawan Nasional. Dua peringatan penting dengan semangat yang tak jauh berbeda dengan kawan-kawan di Ceko. Dengan harapan bahwa acara ini dapat memberikan perkenalan tentang budaya Indonesia secara lebih luas dan meninggalkan kesan yang mendalam, tidak hanya kepada para pengunjung internasional, tetapi juga pada warga negara Indonesia yang hadir untuk mengobati rasa rindu terhadap kampung halamannya. “Acara tahun ini sangat berkesan, ada tarian dan nyanyian. Khususnya saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, saya menangis karena rindu rumah,” kata Bc Musokhib.

Skip to content