Universitas Jember Sukses Gelar UTBK SNBT 2024

Jember, 15 Mei 2024
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 di Pusat UTBK Universitas Jember berakhir pada hari ini, Rabu (15/5). Dari data yang ada, total ada 13.035 peserta SNBT 2024 yang memilih ujian di Kampus Tegalboto dalam dua gelombang. Menurut Ketua Tim Pelaksana Pusat UTBK Universitas Jember yang juga Wakil Rektor I, Prof. Slamin, secara umum UTBK di kampusnya berjalan lancar dan sukses.

Kesuksesan ini bisa dilihat dari minimnya insiden atau gangguan baik secara teknis maupun non teknis yang terjadi selama pelaksanaan UTBK di gelombang pertama dan kedua. Prof. Slamin menjelaskan, kesuksesan ini tak lepas dari kerja sama dan koordinasi yang baik antara panitia dengan semua unit kerja di Universitas Jember.

“Terima kasih kepada semua anggota panitia dan seluruh unsur pendukung yang ada, yang telah all out menyukseskan UTBK SNBT 2024 di Universitas Jember sehingga berjalan dengan baik. Dari laporan kawan-kawan, tidak ada gangguan teknis dan non teknis yang signifikan selama pelaksanaan dua gelombang UTBK SNBT,” jelas guru besar di Fakultas Ilmu Komputer ini.

Prof. Slamin lantas menambahkan, kesuksesan pelaksanaan UTBK SNBT juga tidak lepas dari peran serta peserta. Hal ini tampak dari angka kehadiran peserta secara umum yang mencapai 95,40 persen. Dari 13.035 peserta yang memilih menjalani UTBK di kampus Universitas Jember, sebanyak 12.436 peserta mengikuti ujian. Begitu pula kedisiplinan peserta dalam mempersiapkan diri dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan panitia.

“Dari data yang ada, tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan oleh peserta UTBK SNBT di kampus Tegalboto seperti perjokian dan sejenisnya. Kalau pun ada, kasusnya termasuk ringan seperti masih ada peserta yang lupa membawa identitas diri atau datang memakai kaos oblong, itu pun jumlahnya tergolong minim. Cuma saja di hari keempat UTBK ada peserta yang pingsan di lokasi UTBK Fakultas Kesehatan Masyarakat karena sakit,” imbuh Prof. Slamin.

Informasi senada juga disampaikan Wakil Ketua Tim Kerja Humas, Rokhmad Hidayanto yang bersama tim turut memantau secara langsung jalannya UTBK SNBT. Dari pengamatannya, UTBK SNBT berjalan lancar dan sukses. Namun selalu ada saja kisah menarik yang muncul, seperti peserta yang tidur saat ujian hingga memilih menggambar di kertas buram yang disediakan oleh pengawas ujian.

“Ada peserta yang mungkin karena capek belajar semalam kemudian tertidur pulas saat mengerjakan UTBK. Pengawas sudah berusaha membangunkan, namun peserta kembali tertidur. Begitu ujian akan berakhir baru dia bangun dan terkaget-kaget mengetahui ujian sudah akan berakhir. Ada juga peserta yang mungkin karena tak bisa menjawab soal malah menggambar di kertas buram yang disediakan pengawas,” tutur Rokhmad Hidayanto sambil tertawa mengenang peristiwa tadi.

Untuk diketahui, selama pelaksanaan UTBK SNBT 2024, Universitas Jember menyediakan 970 perangkat komputer di 27 ruang ujian yang tersebar di 16 lokasi ujian di kampus Tegalboto. Sehingga dalam satu hari pelaksanaan UTBK SNBT bisa melayani 1.940 peserta.

 

Pada pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama di 30 April hingga 7 Mei 2024 diikuti oleh 10.403 peserta. Sementara untuk UTBK SNBT gelombang kedua yang digelar pada 14 hingga 20 Mei 2024 hanya diikuti oleh 2.632 peserta, sehingga UTBK SNBT di Universitas Jember hanya digelar pada tanggal 14 dan 15 Mei 2024 saja. (iim)

Skip to content