Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

DPK PPNI Kini Hadir di Fakultas Keperawatan Universitas Jember

Jember, 14 April 2022
Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai wadah tunggal profesi perawat di Indonesia terus berupaya meningkatkan profesionalitas dan pembinaan terhadap anggotanya. Salah satunya ditunjukkan dengan pendirian Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Jember. Kepastian pendirian DPK PPNI FKep Universitas Jember ditandai dengan kegiatan musyawarah komisariat dalam rangka pembentukan DPK PPNI yang dilakukan pada hari Kamis sore (14/4). Hadir membuka kegiatan musyawarah Rektor dan Dekan FKep Universitas Jember serta Ketua DPD PPNI Jember.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember mengapresiasi inisiatif para dosen di FKep untuk mendirikan DPK PPNI di kampus. Menurutnya, jumlah perawat di lingkungan Universitas Jember yang cukup banyak menuntut adanya pembinaan secara berkelanjutan. Mereka tersebar sebagai dosen di FKep, perawat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut serta UNEJ Medical Center termasuk keberadaan para perawat yang bertugas sebagai dosen di Universitas Jember Kampus Lumajang dan Pasuruan.

“Berkumpul dan berserikat itu menjadi sarana mengukuhkan keberadaan profesi, berfungsi mewujudkan target yang sudah ditentukan oleh organisasi. Selain itu dapat mempererat persatuan antar perawat sehingga perawat memiliki daya tawar yang kuat. Khusus perawat yang sekaligus dosen di kampus ini posisinya unik sebab mereka juga punya tugas melakukan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Iwan Taruna.

Pendapat Rektor Universitas Jember didukung oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Jember, H.Mustakim. Menurutnya posisi DPK PPNI di FKep sangat strategis mengingat FKep adalah salah satu institusi pencetak perawat di Jember. Oleh karena itu DPK PPNI FKep diharapkan semenjak awal sudah memperkenalkan tugas, peran dan fungsi PPNI kepada mahasiswanya. “Dengan berdirinya DPK PPNI FKep Universitas Jember, maka kini di Jember yang memiliki sekitar lima ribu lebih perawat sudah ada sembilan belas DPK PPNI sebagai wadah berorganisasi. Kami tunggu kerja nyata dari DPK PPNI FKep Universitas Jember,” ungkap H. Mustakim.

Seusai sesi pembukaan, kegiatan diteruskan dengan musyawarah komisariat yang mengagendakan pengesahan jadwal dan tata tertib musyawarah komisariat. Dilanjutkan dengan pemilihan bakal calon dan penetapan pengurus DPK PPNI FKep Universitas Jember. Terpilih sebagai Ketua DPK PPNI FKep Universitas Jember yaitu Ns. Murtaqib, S.Kep. M.Kep yang dibantu Sekertaris, Ns. Alfid Tri Afandi, M.Kep dan bendahara dijabat oleh Ns. Anisah Ardiana, M.Kep., PhD. Jajaran pengurus DPK PPNI FKep Universitas Jember lantas dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua DPD PPNI Jember. Rangkaian acara kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama. (iim)

Skip to content