Rektor Lantik Jajaran Pejabat di Lingkungan Universitas Jember

Pelantikan UNEJ

Jember, 5 Juli 2023
Seiring dengan pemberlakuan Permendikbudristek nomor 7 tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Jember, maka beberapa jabatan mengalami pergantian nomenklatur dan penambahan jabatan tertentu. Guna memenuhi amanah tersebut, maka Rektor melantik jajaran pejabat di lingkungan Universitas Jember di Gedung Auditorium (4/7).

Suasana pelantikan dan serah terima jabatan pejabat di lingkungan UNEJ

Pejabat yang dilantik siang itu meliputi wakil rektor, kepala dan sekertaris lembaga, wakil dekan bidang keuangan dan umum, wakil direktur bidang keuangan dan umum Pascasarjana, kepala unit penunjang akademik, kepala bagian serta kepala subbagian di lingkungan Universitas Jember. Hari itu total ada 54 pejabat yang dilantik.

Suasana pelantikan dan serah terima jabatan pejabat di lingkungan UNEJ

Menurut Rektor Universitas Jember, pelantikan kali ini adalah bagian dari transformasi Universitas Jember berubah dari Perguruan Tinggi Negeri berstatus Satuan Kerja menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Perubahan status ini juga diikuti perubahan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Jember yang kemudian dituangkan dalam Permendikbudristek nomor 7 tahun 2023. Iwan Taruna lantas mencontohkan perubahan nomenklatur Unit Pelaksana Teknis atau UPT yang kini menjadi Unit Penunjang Akademik atau UPA. Kemudian sebutan pimpinan lembaga yang sebelumnya adalah ketua kini menjadi kepala.

Rektor UNEJ menyampaikan pidato pelantikan

“Jadi pelantikan hari ini menunjukkan Universitas Jember patuh pada aturan dan amanah Permendikbudristek nomor 7 tahun 2023. Pelantikan hari ini juga saya harapkan menjadi momentum bagi kita untuk terus berbenah sebab Universitas Jember dinilai oleh Kemendikbudristek sudah layak berganti status menjadi Perguruan Tinggi Negeri berstatus Badan Hukum Milik Negara. Jadi insyaallah Universitas Jember akan menuju PTN BHMN,” tutur Iwan Taruna.

Turut dilantik dalam kesempatan ini para pejabat baru seperti Kepala UPA Pusat Bahasa yang kini dipimpin oleh Prof. Hairus Salikin. Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan dijabat oleh Dr. Rokhani, Kepala UPA Pengelola Limbah dan Laboratorium Terpadu, menjadi amanah bagi Trihandoyo, PhD. Serta Dr. Sigit Prastowo dipercaya menjadi Kepala UPA Taman Agroteknologi. (iim)

Skip to content