Anggota Satuan Menwa Se-Indonesia Adu Tangkas Pada JALAKA PALAGRI V 2023

Jember, 8 Juli 2023
Sebanyak 63 anggota Satuan Resimen Mahasiswa (Sat Menwa) dari seluruh Indonesia mengikuti Ajang Lomba Ketangkasan Perorangan Bagi Anggota Resimen Mahasiswa Se-Indonesia (JALAKA PALAGRI) V tahun 2023 yang digelar oleh Sat Menwa 807 Universitas Jember. Selama dua hari (8-9/7), mereka unjuk ketangkasan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Resimen Induk Kodan V Brawijaya. Di hari pertama, para anggota Sat Menwa diuji ketangkasan lempar pisau dan kapak, bongkar pasang senjata, halang rintang hingga menembak. Sementara di hari kedua, daya tahan dan mental mereka diuji dengan lari lintas alam.

Menurut komandan satuan tugas JALAKA PALAGRI V tahun 2023 Sat Menwa 807, Camedia Ilmi Deferensia, ajang rutin adu ketangkasan ini kembali digelar setelah sempat dua tahun vakum gegara pandemi Covid-19. Tujuannya memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar ilmu kemiliteran anggota Sat Menwa sebagai bagian dari komponen cadangan pertahanan negara. Selain tentunya mempererat tali persaudaraan diantara mahasiswa anggota Sat Menwa Indonesia.

Nomor ketangkasan bongkar pasang senjata

“Pada JALAKA PALAGRI V tahun ini ada 63 peserta dari 23 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang ikut serta. Mereka terdiri dari 44 mahasiswa dan 19 mahasiswi. Selain diisi dengan adu ketangkasan, kami juga mengagendakan malam keakraban sambil berdiskusi saat penutupan kegiatan. Termasuk mengajak peserta untuk jalan-jalan di kampus Tegalboto tepatnya di Taman Edukasi Kebangsaan,” jelas Camedia Ilmi Deferensia.

Salah satu cabang ketangkasan yang paling diminati adalah menembak, terbukti semua peserta mengikutinya. Pada ketangkasan menembak, setiap peserta diberi kesempatan menembak sasaran sejauh 100 meter dengan senapan serbu SS-1 sebanyak tiga kali dengan sikap tiarap. Khusus di ketangkasan menembak, bisa diikuti oleh anggota Sat Menwa laki-laki maupun perempuan.

Nomor ketangkasan menembak

“Sesuai dengan arahan para pelatih di Secaba Resimen Induk Kodan V Brawijaya, khusus untuk ketangkasan menembak sengaja diadakan dengan sikap tiarap. Tujuannya meminimalisir kejadian recoil atau hentak balik senapan yang bisa mengubah arah tembakan,” imbuh Prostu Nawawi, Komandan Sat Menwa 807 Universitas Jember.

Perguruan tinggi yang mengirimkan peserta diantaranya Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Krisna Dwipayana Jakarta, Universitas Airlangga Surabaya, UIN Malang, UIN Yogyakarta dan lainnya. Sementara untuk Sat Menwa 807 Universitas Jember hanya selaku tuan rumah.

Nomor ketangkasan halang rintang

Berikut daftar juara dalam Jalaka Palagri V tahun 2023.Lintas Alam Putra
1. Robertus Isitua – Universitas Hasanuddin Makassar
2. Ibadurahman Al Muhtadi Billah – Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
3. Jufahri Ali – Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

Lintas Alam Putri
1. Miftakhurrizza – UIN Sayid Rahmatullah Tulungagung
2. Nur Wahidah – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
3. Reggiany Wahyu Mauli Pasca Swara Ilmi – Universitas Airlangga Surabaya

Ketangkasan Putra
1. Moh Mufid – Politeknik Negeri Jember
2. Bemby Wirahadi Kusuma – Universitas Islam Kadiri Kediri
3. Moh Anshori – UIN Sunan Ampel Surabaya

Ketangkasan Putri
1. Dina Tifani Hidayah – Universitas Hang Tuah Surabaya
2. Nur Wahidah – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
3. Ira Kamilah – Politeknik Negeri Jember

Menembak
1. Tri Adyatama – ITS Surabaya
2. Moh Mufid – Politeknik Negeri Jember
3. Moh Wildan Fahmi – STIESA Surabaya
(iim)

Skip to content