UNEJ TV Diluncurkan di Malam Puncak Semarak Bulan Pancasila 2023

Jember, 11 Juli 2023
Rangkaian kegiatan dalam rangka Semarak Bulan Pancasila 2023 di Universitas Jember diakhiri dengan acara Malam Puncak Semarak Bulan Pancasila 2023 di gedung Auditorium, Senin malam (10/7). Istimewanya, selain diisi dengan pagelaran kesenian dan pengumuman pemenang beragam lomba, malam itu UNEJ TV diluncurkan secara resmi oleh Rektor Universitas Jember.

Ketua Panitia Semarak Bulan Pancasila UNEJ 2023, Albert Tallapesy

Menurut Iwan Taruna, keberadaan UNEJ TV akan menambah saluran media yang menyosialisasikan dan mempromosikan kiprah Universitas Jember kepada khalayak luas. Selain itu, UNEJ TV menjadi wahana melakukan praktik bagi mahasiswa Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya, juga mahasiswa fakultas lain yang memiliki ketertarikan pada dunia televisi. UNEJ TV beroperasi melalui kanal youtube.

Direktur Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Agus Moh. Najib (kedua dari kanan) berfoto bersama pimpinan UNEJ dengan latar belakang suplemen buku ajar Pancasila

“Dalam kerangka membumikan Pancasila, maka keberadaan UNEJ TV menjadi salah satu sarana menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial dengan cara yang kreatif dan kekinian dalam kehidupan sehari-hari. Saya pikir tak ada yang susah dalam melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebab Pancasila digali dari nilai-nilai agama, budaya dan tradisi Indonesia yang sudah kita jalani bersama,” ujar Iwan Taruna.

Peluncuran UNEJ TV

Malam Puncak Semarak Bulan Pancasila 2023 juga dihadiri oleh Direktur Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Agus Moh. Najib. Dalam sambutannya Prof. Agus Moh. Najib mengapresiasi langkah Universitas Jember yang rutin menggelar kegiatan Semarak Bulan Pancasila setiap tahunnya. Sepengetahuannya, hanya Universitas Jember yang memiliki kegiatan khusus menggelar Semarak Bulan Pancasila dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Unjuk kebolehan TENDOS Band

Sementara itu dalam laporannya, ketua panitia Semarak Bulan Pancasila 2023. Albert Tallapesy menyampaikan selain menggelar beragam lomba seperti cerdas cermat Pancasila tingkat SLTA, pemilihan Kepala Desa Mitra Universitas Jember Berprestasi, hingga lomba film pendek dan lainnya. Panitia juga sudah melaksanakan diskusi terpumpun (FGD), seminar, serta pembuatan suplemen buku ajar Pancasila yang akan digunakan di tahun akademik 2023/2024 ini. Malam itu para pemenang untuk tiap lomba dibacakan.

Unjuk kebolehan TENDOS Band

Malam Puncak Semarak Bulan Pancasila 2023 makin meriah dengan penampilan Grup Band TENDOS alias Tendik dan Dosen yang dimotori Rektor Universitas Jember. Anggota band ini diantaranya Prof. Yuli Witono yang memainkan rythm guitar berduet dengan Prof. Bayu Taruna di lead guitar. Ada pula Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Bambang Marhaenanto yang memainkan kibor bersama Wakil Koordinator Kehumasan, Rokhmad Hidayanto. Sementara Iwan Taruna memainkan bass guitar.

Unjuk kebolehan Reog Sardulo Anurogo UNEJ

Selain disuguhi penampilan grup band TENDOS, hadirin malam itu mendapatkan hiburan tari Bali dari Sanggar Kesenian Bali Saraswati yang anggotanya adalah mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Jember. Rangkaian acara dipuncaki dengan penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa Paguyuban Reog Mahasiswa Sardulo Anurogo Universitas Jember, yang untuk kali pertama menampilkan koreografi terbaru yang akan diikutsertakan dalam Festival Grebeg Suro 2023 di Ponorogo bulan ini. (iim)

Unjuk kebolehan TENDOS Band
Skip to content