Fakultas Ekononi dan Bisnis Universitas Jember Gelar Desiminasi Internasional untuk Penerapan Program MBKM

Jember, 24 Agustus 2023
Dalam rangka meningkatkan kualitas Mahasiswanya dalam menerapkan program Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka MBKM, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember menyelenggarakan International Dissemination – Innovation and Technology for Reformation in Public Sector Finance bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (24/08/2023) di Aula Ir. Soekarno Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang dikemas dalam bentuk kegiatan belajar mengajar dalam hal ini perkuliahan yang dilakukan oleh baik dosen maupun mahasiswa dari kedua perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Prof. Isti Fadah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember mengatakan, lembaganya akan terus berupaya meningkatkan layanan kepada mahasiswanya dalam upaya mendukung program pemerintah yaitu MBKM dan Program lainnya.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan layanan ini, juga dalam rangka mendukung program pemrintah dalam menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga dalam pelaksanaannya mahasiswa dan stakeholder dengan mudah memerima program tersebut,” katanya.


Di tempat terpisah, Prof. Abdul Halim, Ketua Asosiasi Program Studi S2 Akuntansi Indonesia (APSSAI) mengatakan bahwa program magister Akuntansi di Universitas Jember ini memang telah tergabung dalam APSSAI sejak awal didirikan dan turut terlibat secara intens dalam asosiasi.

“Sehingga kami dengan program studi Akuntansi seluruh Indonesia bersama-sama berjuang dalam usaha memajukan program studi magister Akuntansi. Di samping itu yang mungkin menjadi tantangan adalah bahwa setiap program harus memiliki keunikan,” terang guru besar Universitas Gadjah Mada ini, kala menghadiri acara tersebut.

Lalu dirinya menambahkan, Kabupaten Jember jika dilihat dari peta berada strategis di tengah provinsi Jawa Timur sehingga dalam menjalankan kurikulumnya perlu memperhatikan kebutuhan di lingkungan wilayah sekitarnya dapat menjadi keunikannya.


Sementara itu, Dr. Atma Hayat, Dekan Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lumbung Mengkurat mengatakan dalam sambutannya, tantangan yang dihadapi sektor publik semakin meningkat seiring dengan pergolakan politik, perubahan iklim, disrupsi teknologi serta globalisasi. Diperlukan pendekatan-pendekatan baru untuk mengatasi hal tersebut.

“Dalam hal ini secara keseluruhan, termasuk tim keuangan perlu secara aktif berinovasi dalam berbagai cara yang bervariasi. Di samping itu saya berharap para audiens yang hadir saat ini baik mahasiswa yang menempuh pendidikan sarjana maupun magister dapat mendiseminasikan skripsi dan tesisnya dalam acara kali ini.” katanya.

Acara yang digelar di Aula Ir. Soekarno Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini menghadirkan keynote speaker Michael J. Longhurst, Computer Networking, Repair, and Sales, Trucomp Australia, Nur Mokhlas Iryo Sukaimi selaku partner KAP Sriyadi Elly Sugeng, serta Muhammad Miqdad dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. (dil/is)

Skip to content