Agronursing UNEJ Kampus Kota Pasuruan: Mendekatkan Pendidikan dengan Masyarakat

Jember, 19 Maret 2024

Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama dengan jurusan keperawatan di kota Pasuruan. Berkontribusi pada bidang agronursing mendorong kemandirian bangsa serta menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pengembangan inovasi terutama yang menunjang agroindustri, agroperkebunan, pertanian dan kelautan.

Konsep Agronursing dibangun dengan mempertimbangkan kekhasan masyarakat Indonesia khususnya Pasuruan dan Besuki Raya yang karakteristiknya adalah masyarakat agrikultural. Potensi sekitar tentunya menjadi pertimbangan sebagai upaya pemaksimalan di bidang agroindustri, agroperkebunan, pertanian, juga wilayah kelautan dan perikanan. Sehingga tidak hanya kemampuan mengenali subjek disekitar tetapi juga bagaimana mengenali masalah yang ada dan mencegah serta menanganinya.

Mokh. Sujarwadi, dosen D3 Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan kala memberikan kuliah praktikum kepada mahasiswanya

“Pada intinya, kami memiliki keahlian khusus dalam menangani permasalahan yang terkait dengan nelayan, pertanian, dan karyawan industri di wilayah Pasuruan dan sekitarnya. Fokus utama kami adalah pada konsep agronursing di desa kami, yang memungkinkan kami untuk secara efektif mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh komunitas nelayan, petani, dan pekerja industri.” jelas Mokh. Sujarwadi, dosen D3 Keperawatan Kampus Kota Pasuruan.

UNEJ Kampus Kota Pasuruan kini telah dilengkapi dengan laboratorium dan peralatan pendukung untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan aplikatif. Saat ditemui di ruangannya, Koordinator Program Studi (Koprodi) D3 Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan Mukhammad Toha mengungkapkan bahwa saat ini Kampus Kota Pasuruan memang sedang berupaya untuk memaksimalkan fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan mahasiswa.

Koordinator Program Studi (Koprodi) D3 Keperawatan UNEJ Kampus Pasuruan, Mukhammad Toha

“Saat ini kami sedang berprogres untuk membangun lapangan olahraga, dan area penghijauan, kemudian kami juga menginisiasikan fasilitas penunjang untuk mahasiswa disabilitas meskipun sampai saat ini kami masih belum menerima seleksi mahasiswa yang disabilitas.” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan lapangan olahraga dan area penghijauan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka di bidang olahraga, penghijauan di sekitar kampus menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan civitas akademika untuk menikmati suasana alam yang menginspirasi kreativitas dan memberikan sentuhan relaksasi dalam kegiatan sehari-hari.

UNEJ Kampus Kota Pasuruan saat ini memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 260 mahasiswa, mayoritas yang paling besar berasal dari Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo, Lumajang bahkan ada juga dari luar Jawa.

Kegiatan mahasiswa D3 Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan

“Total ada 9 dosen yang mengajar sehingga perbandingannya tidak boleh lebih dari 1 banding 25 karena akan mengurangi optimalitas dalam pembelajaran. Meskipun demikian peluang untuk penambahan dosen yang berkualitas sangat terbuka lebar sehingga jumlah mahasiswa bisa terus ditingkatkan.” ujar Mukhammad Toha.

Meskipun saat ini UNEJ Kampus Kota Pasuruan hanya memiliki satu program studi, yaitu D3 Keperawatan, namun pihak kampus terus berupaya untuk menambah program studi lainnya. Kabar baik datang dari Rektor Universitas Jember yang memberikan harapan bahwa ke depannya akan didorong untuk membuka program studi baru yang dapat memenuhi kebutuhan terutama di wilayah Pasuruan dan sekitarnya. (dil/na)

Skip to content