Desa Dampingan LP2M UNEJ Raih Juara Runner Up Ajang Festival KBA-DSA 2022

Jember. Sebuah prestasi membanggakan diukir oleh DSA Bondowoso melalui program Bumdesma dan Sekolah Kopi, Rabu, 20 April 2022. DSA Bondowoso meraih pengharaan runner up 2 Festival Kampung Berseri ASTRA (KBA)-Desa Sejahtera ASTRA (DSA) 2022 yang diselenggarakan oleh PT. ASTRA Internasional Tbk untuk kategori klaster kopi. Keberhasilan meraih runner up dalam ajang festival ini, maka DSA Bondowoso berhak atas hadiah berupa sejumlah uang.

DSA Bondowoso merupakan desa binaan yang menjadi lokasi pendampingan dan pemberdayaan masyarakat desa oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember. Sasaran pendampingan dan pemberdayaan masyarakat DSA Bondowoso adalah para petani kopi.

“Semoga ini menjadi pemicu semangat kebersamaan petani kopi untuk maju dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Keberadaan sekolah kopi yang sekaligus menjadi ikon perkopian di Bondowoso ke depan mampu mengawal terwujudnya desa devisa melalui petani maupun melakukan ekspor secara mandiri.” Harapan yang disampaikan oleh Dr. Ali Badrudin, M.A. selaku Ketua Tim DSA Bondowoso dan juga menjabat sebagai Sekretaris LP2M Universitas Jember.

“Sekarang sudah ada permintaan dari Belanda sebanyak 15 kontainer per bulan. Tapi kita masih melihat dan menghitung ketersediaan barang. Semoga ini bisa memantik semangat teman-teman petani kopi di Bondowoso.” Lanjut dosen di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Keberhasilan DSA Bondowoso memenangi runner up 2 Festival KBA-DSA 2022 menujukkan keseriusan dan komitmen LP2M Universitas Jember terhadap pemberdayaan petani kopi di Bondowoso. Pendampingan dan pemberdayaan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2020. [BAK]

Skip to content