Dirut BPJS Kesehatan Beri Kuliah Umum pada Calon Dokter Universitas Jember

Jember, 9 September 2023

Usai menyampaikan orasi ilmiah pada gelaran wisuda periode II Universitas Jember Tahun Ajaran 2023/2024, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti berkesempatan hadir memberikan kuliah umum di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (9/9). Acara yang digelar di gedung Auditorium Gedung A Fakultas Kedokteran Universitas Jember ini bertema “Jaminan Kesehatan Nasional dan Dokter Layanan Primer”.

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam rangka memberikan dukungan pada masyarakat untuk dapat menangani segala jenis resiko dan tantangan sepanjang hayat dari guncangan dan kerentanan sosial, maka sumber daya manusia di Indonesia memerlukan adanya perlindungan sosial.

Prof. Ali Ghufron Mukti menyampaikan kuliah umum

Pada kesempatan tersebut, Ali Ghufron Mukti menyatakan bahwa salah satu jenis perlindungan sosial yang tersedia adalah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ali Ghufron Mukti juga mengajak mahasiswa Universitas Jember untuk berterima kasih dan bersyukur karena diberi kesempatan untuk menempuh pendidikan kedokteran dan memperoleh ilmu dari kuliah umum ini.

“Selama ini BPJS dikatakan jelek atau memiliki kualitas yang tidak lebih baik daripada layanan kesehatan umum, faktanya BPJS adalah peraih Terbaik untuk Good Practice Award se-Asia Pasifik.” ujar dokter sekaligus profesor yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia ini.

Lebih lanjut Ali Ghufron Mukti menyatakan bahwa salah satu fungsi BPJS Kesehatan adalah memberikan akses agar masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan tanpa ada kesulitan keuangan. Selain itu juga dapat dikatakan bahwa program jaminan sosial ini merupakan bentuk kerja sama masyarakat Indonesia secara nyata dan dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat.

Dirut BPJS Kesehatan memberikan kuliah secara interaktif, Prof. Ali Ghufron juga mengadakan tanya jawab dan diskusi serta membagikan buku Sistem Jaminan Kesehatan kepada para peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari beliau. Sehingga kuliah umum yang turut dihadiri oleh Direktur RS dr. Soebandi juga mahasiswa serta dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jember ini diikuti dengan penuh antusias.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah menyampaikan dalam sambutan pembukaannya, “Fakultas Kedokteran sangat antusias menyelenggarakan kuliah umum yang akan disampaikan oleh Prof. Ali Ghufron selalu Direktur Utama BPJS Kesehatan. Dari sini mahasiswa tentu akan menyerap banyak sekali ilmu karena nantinya pelayanan yang akan dilakukan sangat erat berkaitan dengan jaminan kesehatan nasional. Apalagi sumber informasi ini datang langsung secara valid dari ahlinya.”

Skip to content