Guest Lecture: Mahasiswa S2 Keperawatan dan S2 Multidisiplin Universitas Jember Bersama Departemen Rehabilitasi Niigata Health and Welfare University

Jember, 11 September 2023 – Sekolah Pascasarjana Universitas Jember menyelenggarakan acara istimewa dengan menyambut tamu dari Niigata Health and Welfare University (NHWU), Department of Rehabilitation, Jepang, pada hari Senin (11/9) di Gedung Pascasarjana Lantai 3 Universitas Jember. Kegiatan ini diinisiasi oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Jember sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S2 dalam berkolaborasi antar profesi, yang sejalan dengan tema kuliah tamu ini, yaitu Interprofessional Education.

Kuliah tamu ini diadakan dalam format hybrid dengan partisipasi dari sejumlah mahasiswa tingkat S2 yang mewakili berbagai program studi di lingkungan Universitas Jember. Harapan dari acara ini adalah agar mahasiswa dapat memahami pentingnya kolaborasi antar profesi dalam dunia kerja.

Prof. Tantut Susanto, Ph.D sebagai salah satu dosen di Sekolah Pascasarja UNEJ. Yang sekaligus sebagai moderator dalam acara ini menyampaikan bahwa Interprofessional Education (IPE) menjadi fokus utama dalam kuliah tamu ini. IPE adalah pendekatan dalam pendidikan dan pelatihan di berbagai bidang kesehatan dan sosial yang menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai jenis profesional kesehatan dan layanan sosial. IPE bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari berbagai disiplin ilmu dan profesi agar para profesional dapat bekerja sama secara efektif dalam tim untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien atau klien.

Peserta kuliah tamu ini termasuk mahasiswa dan profesional dengan latar belakang beragam, seperti dokter, perawat, ahli farmasi, psikolog, pekerja sosial, dan fisioterapis. Mereka diajak untuk memahami peran masing-masing dalam tim, belajar untuk saling menghargai, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif. Selain itu, IPE juga mengajarkan pentingnya berbagi pengetahuan dan berkolaborasi lintas profesi dalam menangani situasi medis atau sosial yang kompleks, tegas Prof. drg. Mei Syafriadi, Ph.D selaku Wakil Direktur 1 Sekolah Pascasarja UNEJ.

Prof. Budi Setyono selaku Direkur Sekolah Pascasarja UNEJ. mengharapkan bahwa para mahasiswa tingkat S2, terutama yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, dapat menerapkan konsep dan keterampilan yang mereka pelajari dalam kehidupan profesional mereka. Dengan demikian, mereka akan menjadi tenaga kerja yang lebih terampil, kooperatif, dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di dunia kesehatan dan sosial yang semakin kompleks.

Skip to content