Career Center UNEJ Gelar Webinar Karir: Tips dan Trik Mengenal Potensi Diri Bersama Qubisa

Jember, 15 Februari 2024
Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember menggelar webinar karier yang bekerjasama dengan QuBisa. Topik Webinar Tips dan Trick Mengenal Potensi Diri diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa Universitas Jember (15/02).

Kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan menyampaikan sambutannya, “Mengenal potensi diri ini menjadi penting bagi mahasiswa terutama sebelum memasuki dunia kerja, karena dengan mengenal potensi diri maka akan memudahkan kita menentukan tujuan karier yang jelas. Kita bisa memahami akan kekuatan, kelemahan, minat, hingga nilai-niali (value) yang kita miliki, sehingga lebih mudah untuk merencanakan langkah-langkah karier yang sesuai yang kita ingin capai.” demikian ungkap Rokhani yang sekaligus menjadi dosen di Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Opening Speech oleh Kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember

Alumni Universitas Jember yang sharing pada pada webinar ini adalah Irene Rachmaniar, yang menyelesaikan S1 pada tahun 2017 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNEJ dan melanjutkan S2 di University of Warwick-Inggris lulus pada tahun 2022 dan saat ini bekerja di TESOL Practitioner. Alumni yang bercita-cita menjadi guru bahasa Inggris sejak kelas 2 Sekolah Dasar (SD) ini berbagi pengalaman mulai dari semasa kuliah di FKIP Universitas Jember, bekerja setelah lulus S1, upaya untuk melanjutkan S2, pengalaman selama menjadi mahasiswa S2 di University of Warwick-Inggris hingga pengalaman saat bekerja di TESOL Practitioner.

Sharing Alumni oleh Irene Rachmaniar, M.A.

“Untuk menjadi sukses maka tempatkan akademik menjadi nomor satu dan kegiatan lain-lain nomor dua, jadi walaupun saya ikut dalam UKM Paduan Suara dan pernah ikut kegiatan kampue mengajar selama kuliah namun akademik tidak saya tinggalkan.” ungkap Irene, alumni UNEJ penerima beasiswa bidik misi dan lulus S1 dalam waktu kurang dari 4 tahun.

“Potensi yang ada dalam diri (genetic) ini sebesar 20 persen yang sifatnya tetap sedangkan 80 persen potensi diri bisa di-treatment. Maka sejak dini kenalilah kecerdasan anda.” demikian ungkap Nizar Primadi Dangkua, selaku Founder & Director PT. Nirwana Pancakarya Dayakreasi. Di akhir paparannya, Guest Star Nizar Primadi Dangkua menyampaikan bahwa sukses bukan tujuan namun sukses adalah suatu perjalanan, dengan paham potensi jadi tahu apa yang harus dioptimalkan dalam diri kita, karena inilah yang menjadi jalan kesuksesan. (ani)

Skip to content