Panen Raya Taman Agroteknologi UNEJ: Mendukung Potensi Alam dan Budaya Sekitar Kampus

Jember, 17 Februari 2024
Universitas Jember telah sukses menggelar Panen Raya di Taman Agroteknologi, sebuah acara yang berhasil menciptakan momen berkesan dan mewujudkan tradisi kuliner khas. Festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga menunjukkan komitmen universitas dalam menggali potensi alam sekitar melalui Taman Agroteknologi yang inovatif yang kali ini menggelar acara panen raya berbagai hasil produksi tanamannya.

 

 

Panen raya durian di UPA Taman Agroteknologi

 

Dalam festival ini, pengunjung diajak untuk merasakan kelezatan berbagai hasil tanaman seperti buah kelengkeng, jambu kristal, alpukat, belimbing, selada air, termasuk durian buah yang dijuluki sebagai raja buah yang memang mudah menarik minat masyarakat. Semuanya diperkenalkan dan dapat dinikmati oleh para pengunjung. Selain memanjakan lidah, festival ini juga memberikan wawasan mendalam tentang budidaya, dari penanaman hingga pemanenan tanaman tersebut.

Petugas UPA Taman Agroteknologi dan pengunjung memanen jambu kristal

 

Dengan luas lahan yang mencakup berbagai tanaman di antaranya aneka sayur-sayuran, hidroponik, serta buah-buahan, fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga pelatihan, penelitian, magang profesi, kunjungan institusi dan pembelajaran praktikum. Masyakarat khususnya ibu-ibu juga dimanjakan dengan indahnya bunga anggrek yang ada di ruang budidaya anggrek.

Unit Pengelolaan Agribisnis (UPA) Taman Agroteknologi, dibangun dengan tujuan utama memberikan wadah bagi mahasiswa UNEJ untuk menggali potensi dan pengetahuan di bidang pertanian dan agribisnis. Selain itu UPA Taman Agroteknologi juga merupakan sarana penunjang kreativitas mahasiswa melalui fasilitas inovatif yang bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam dunia agribisnis, hal ini sejalan dengan komitmen UNEJ untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan peluang pengembangan diri kepada mahasiswa.

Ruang Budidaya Anggrek di UPA Taman Agroteknologi UNEJ

 

Dengan suksesnya Festival Durian di Taman Agroteknologi, Universitas Jember tidak hanya memperkuat citra sebagai lembaga pendidikan unggulan, tetapi juga sebagai pionir dalam mengintegrasikan pendidikan, kebudayaan, dan kearifan lokal. (na)

Skip to content