Satuan Pengawasan Internal Universitas Jember Laksanakan Penyamaan Persepsi Bagi Reviewer

Jember, 10 Juli 2020

Universitas Jember tengah mempersiapkan rencana kerja untuk tahun anggaran 2021. Prosesnya dimulai dengan setiap unit kerja mengajukan kerangka acuan kegiatan (Term of Reference, ToR) beserta Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk program yang direncanakan. Kerangka acuan kegiatan dan RAB ini selanjutnya akan diperiksa (review) kelayakannya oleh Satuan Pengawas Internal (SPI), Bagian Perencanaan, dan task force Akselerasi Pelaksanaan dan Pengendalian Program Prioritas Rektor. Guna menyamakan persepsi bagi para pemeriksa (reviewer) dalam memeriksa kerangka acuan kegiatan dan RAB-nya, maka SPI Universitas Jember menggelar kegiatan rapat kerja penyamaan persepsi bagi pemeriksa (10/7).

Menurut Prof. Zarah Puspitaningtyas, penyamaan persepsi bagi para reviewer perlu dilakukan mengingat program kegiatan yang diajukan oleh unit kerja harus sesuai dan selaras dengan Rencana Strategis Universitas Jember, dan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai lembaga yang menaungi Kampus Tegalboto. “Para reviewer harus memiliki persepsi yang sama dalam melakukan pemeriksaan karena tidak semua program kegiatan akan dikabulkan, pasalnya kondisi saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19. Jadi hanya program kegiatan yang benar-benar memenuhi prioritas yang akan diwujudkan,” tutur guru besar FISIP Universitas Jember ini.

Prof. Zarah Puspitaningtyas lantas menjabarkan enam payung program pokok yang akan dilaksanakan Universitas Jember pada tahun anggaran 2021. Yakni peningkatan kualitas pengelolaan unit kerja, peningkatan kualitas pembelajaran di unit kerja, peningkatan kualitas penelitian di unit kerja, peningkatan kualitas pengabdian di unit kerja, peningkatan kualitas pembinaan bakat minat dan performansi mahasiswa di unit kerja, dan peningkatan kualitas kerjasama di unit kerja. “Kami berharap setiap unit kerja yang mengajukan program juga selalu memperhatikan kondisi kinerja tahun berjalan, target kerja, dan analisis biaya,” imbuhnya lagi.

Kegiatan penyamaan persepsi diikuti oleh 21 peserta dan digelar di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad. Kegiatan kali ini adalah lanjutan dari kegiatan rapat pimpinan Universitas Jember pada 2 Juli 2020 lalu yang membahas program di tahun 2021 nanti. “Selanjutnya proses yang akan dilakukan oleh SPI adalah memeriksa usulan kerangka acuan kegiatan dan RAB program, serta melakukan pendampingan kepada unit kerja,” pungkas Prof. Zarah Puspitaningtyas. (iim)

Skip to content